Menikmati Streaming via 4G Indosat Ooredoo di Surabaya-Malang

Dari hasil pengetesan, ditunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

oleh Jeko I. R. diperbarui 23 Mei 2016, 20:06 WIB
Uji Jaringan 4G Indosat Ooredoo di Surabaya-Malang (Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza)

Liputan6.com, Malang - Selain menguji aktivitas layanan data seperti browsing, download, dan upload file, Tekno Liputan6.com juga melakukan pengujian kualitas layanan data 4G Indosat Ooredoo yang diukur dengan aktivitas streaming aplikasi Spotify dan YouTube.

Hasil uji jaringan 4G Indosat Ooredoo di sepanjang jalur Surabaya-Malang, Senin (23/5/2016), menunjukkan output yang cukup baik. Hasil kecepatan maksimal download mencapai 39,66 Mbps dengan rata-rata download 12 Mbps.

Sementara kecepatan maksimum upload mencapai 20,61 Mbps dengan rata-rata upload 6,59 Mbps. Dari hasil pengetesan, ditunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Buktinya, saat kami menonton video HD (1080p), kualitas yang ditunjukkan begitu jernih dan tidak menunjukkan buffering. Sementara, saat menikmati layanan streaming Spotify, kami juga tidak mendengar adanya sound disruption atau jeda saat memutar lagu berikutnya. Hal tersebut berjalan lancar sampai akhirnya kami tiba di kota Malang.

Seperti diketahui, jernihnya kualitas suara dan halusnya tampilan video yang diperlihatkan terjadi berkat modernisasi jaringan yang dilakukan Indosat Ooredoo.

Seperti disampaikan Achmad Abimanyu, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo, pihak Indosat telah mempersiapkan beberapa peningkatan di jaringan khusus menjelang arus mudik lebaran.

Peningkatan tersebut, lanjutnya, berkaitan dalam tiga elemen utama jaringan yang kini menjadi fokus Indosat Ooredoo.

Yang pertama, Abim mengungkapkan poin modernisasi jaringan di mana terdapat peningkatan di sektor voice call, signal coverage, kapasitas data, dan cost effective investment.

“Elemen kedua adalah layanan data dengan peningkatan 3G, di mana kecepatan maksimumnya naik hingga 42 Mbps,” ujarnya.

“Sementara yang terakhir adalah teknlogi terbaru untuk pengalaman terbaik pengguna kami, di mana koneksi LTE 900 Mhz digunakan sebagai carrier untuk LTE yang meng-cover penetrasi. Lalu, koneksi LTE 1800 mhz digunakan untuk kecepatan hingga 70 Mbps. Kami juga lakukan career aggregation LTE 900 dan 1800 untuk mempercepat trafik data,” tambah Abim.

(Jek/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya