Google dan Levi's Buat Jaket Pintar untuk Kendalikan Smartphone

Google dan Levi's mengembangkan sebuah jaket pintar yang memungkinkan pengguna mengendalikan smartphone hanya dengan menyentuh lengan.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 22 Mei 2016, 19:47 WIB
Begini tampilan jaket Google-Levi's yang bisa mengendalikan smartphone (Sumber: Business Insider).

Liputan6.com, California - Google dan produsen pakaian asal Amerika Serikat Levi's baru saja mengumumkan kerja sama.

Dilansir Business Insider, Minggu (22/5/2016), keduanya bakal membuat sebuah jaket yang memungkinkan penggunanya mengendalikan smartphone hanya dengan menyentuh bagian lengan.

Material yang digunakan untuk membuat jaket ini adalah bahan yang dapat merasakan sentuhan dan tekanan.

Jaket pintar ini dibuat berdasarkan sebuah teknologi bernama Project Jacquard yang diumumkan pertama kali dalam konferensi pengembang Google ATAP tahun lalu.

Sebagai informasi, jaket ini dirancang dengan mempertimbangkan bahwa penggunanya adalah seorang pengendara sepeda.

Dengan demikian, para bikers bisa melakukan berbagai hal seperti menyetel musik atau memblokir panggilan masuk hanya dengan menyentuh pagian pergelangan tangan jaket.

Rencananya, jaket ini bakal mulai dijual pada musim semi (sekitar Maret - Juni) 2017. Sedangkan versi beta jaket ini akan dilakukan pengetesan pada musim gugur (September-Desember) 2016.

Rupanya, jaket ini memiliki tiga komponen utama yakni jaket yang dilengkapi dengan sensor gerak sebuah label yang menghubungkan smartphone dengan bluetooth, serta aplikasi yang memungkinkan pengguna mengatur berbagai gerakan berbeda untuk perintah.

Ini komponen utama jaket Google-Levi's yang bisa mengendalikan smartphone (Sumber: Business Insider).

"Kami tidak ingin Anda mengendalikan layar ponsel ketika sedang mengemudikan sepeda atau motor di jalan raya," ujar pihak Levi's dalam sebuah presentasi bersama Google.



(Tin/Isk)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya