9 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat dari Avokad

Berikut sembilan alasan Anda perlu mengonsumsi avokad untuk menjaga kesehatan tubuh.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 18 Apr 2016, 08:30 WIB
Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat biji avokad dapat dikonsumsi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kelezatan buah bertekstur lembut ini sudah tak diragukan lagi. Rasanya yang gurih membuat avokad bisa disajikan sebagai minuman maupun sajian makanan pendamping.

Sekadar kembali mengingatkan Anda, selain lezat, avokad juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Berikut sembilan alasan Anda perlu mengonsumsi avokad untuk menjaga kesehatan tubuh, dilansir dari laman Popsugar, Senin (18/4/2016).

1. Avokad kaya akan "lemak sehat" karena mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang membantu mengatasi masalah jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

2. Avokad kaya akan antioksidan yang dipercaya bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Avokad mengandung banyak vitamin. Jumlah vitamin dalam avokad bervariasi, yang pasti buah ini dipenuhi vitamin K, C, B5, B6, dan E.

4. Avokad mengandung protein. Tak seperti buah-buahan lainnya, avokad mengandung protein meski kadarnya ditentukan oleh ukuran buahnya. Yang pasti sekitar 100 gram avokad mengandung 3 gram protein.

5. Avokad juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Tak perlu memakan Avokad untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa menggunakannya sebagai bagian dari perawatan kecantikan. Masker avokad bisa membantu melembutkan kulit.

6. Avokad bisa digunakan untuk mengganti butter atau minyak yang mengandung lebih banyak lemak. California Avocado Association mengatakan, avokad bisa dijadi alternatif yang lebih sehat untuk memasak.

7. Avokad bisa meningkatkan nutrisi. Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi avokad juga bisa membantu tubuh menyerap nutrisi makanan.

8. Avokad baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Avokad mengandung folat yang penting untuk pertumbuhan janin.

9. Avokad mengandung potassium. Seperti pisang, avokad juga mengandung potassium, mineral penting yang diperlukan tubuh agar berfungsi dengan baik.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya