Gigit Pensil Bisa Redakan Sakit Kepala, Benarkah?

Saat sakit kepala datang tiba-tiba, tak perlu langsung mencari obat.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 13 Feb 2016, 19:20 WIB
Saat sakit kepala datang tiba-tiba, tak perlu langsung mencari obat.

Liputan6.com, Jakarta Saat sakit kepala datang tiba-tiba, tak perlu langsung mencari obat. Anda bisa menggunakan alat tulis yang di sekitar Anda seperti mencari pensil kemudian menggigitnya. Cara ini ternyata efektif meredakan nyeri kepala yang berdenyut dalam hitungan menit.

Hal ini direkomendasikan langsung oleh Dokter GP Jane Leonard. Menurutnya, memberikan tekanan pada rahang akan meredakan rasa sakit. 

"Sakit kepala biasanya dipicu oleh stres, cemas, kelelahan dan gangguan emosi. Hal ini menyebabkan kejang otot di wajah, leher, rahang dan kulit kepala," kata Jane, seperti dikutip Dailymail, Sabtu (13/2/2016). 

Nah, menggigit pensil di antara gigi ini, kata Jane, membantu mengendurkan otot rahang. "Menggigit pensil merupakan latihan untuk mengendurkan otot-otot sebab rahang merupakan salah satu sendi yang paling kompleks di dalam tubuh," jelasnya. 

Studi sebelumnya juga telah menghubungkan sakit kepala dengan tekanan pada leher, dan diperburuk oleh postur tubuh yang tidak bagus. Kondisi ini membuat saraf lebih sensitif terhadap rasa sakit. Para ahli mengatakan 80 persen dari semua sakit kepala yang umum dirasakan semua orang disebabkan oleh otot-otot di leher.

Seorang fisioterapis, Julie Sugrue yang mengkhususkan diri dalam bidang kepala dan leher mengatakan, kita setidaknya memiliki 36 kelompok otot yang 20 di antaranya terbukti menyebabkan nyeri kepala.

"Otot-otot ini digunakan untuk berbagai kegiatan seperti menggerakkan kepala, menjaga postur tubuh, makan, berbicara dan ekspresi wajah. Ada berbagai faktor seperti sikap tubuh yang buruk dan ketegangan leher yang memicu ketegangan otot," ujarnya.

Dia menambahkan, memberikan tekanan pada otot rahang mungkin akan membantu. Meski begitu, bila kondisinya memburuk, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya