Pasar Cimindi Hangus Terbakar, Dana Rp 1,5 M Siap Digelontorkan

Amukan si jago merah menghanguskan puluhan kios dan lapak di Pasar Cimindi, Cimahi pada Jumat malam, 5 Februari lalu.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Feb 2016, 08:46 WIB
Ilustrasi petugas kebakaran memadamkan api | Via: liputan6.com

Liputan6.com, Cimahi - Kebakaran hebat melanda Pasar Cimindi, Kota Cimahi, Jawa Barat. Amukan si jago merah itu menghanguskan puluhan kios dan lapak di pasar tradisional tersebut pada Jumat malam, 5 Februari 2016.

Terkait kebakaran di pasar yang terletak di Jalan Mahar Martanegara itu, Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, akan menyiapkan dana tak terduga. Dana ini untuk merenovasi Pasar Cimindi yang hangus terbakar.

"Untuk renovasi [Pasar Cimindi]( 2343147 ""), Pemerintah Kota Cimahi telah menyiapkan dana tak terduga sebesar Rp 1,5 miliar," ucap Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Cimahi Muhammad Yani seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/2/2016).

Yani menjelaskan, seluruh dana tersebut akan digunakan untuk membangun tempat agar pedagang dapat kembali berjualan. Namun, pembangunan itu hanya bersifat darurat, bukan untuk permanen, sembari menunggu penanggulangan pasar selanjutnya.

"Renovasi ini sifatnya darurat bukan permanen. Ini kan keinginan pedagang, jadi kami akan upayakan itu," beber Yani.

Menurut dia, perkiraan sementara untuk menyiapkan pasar darurat sebesar Rp 35 juta sampai Rp 50 juta yang setiap kiosnya membutuhkan dana pembangunan Rp 500 ribu.

"Tapi ini masih perkiraan kasarnya saja, kita masih menghitung berapa nilai keseluruhannya," ungkap Yani.

Ia menambahkan telah menggelar rapat bersama dengan pihak pengelola pasar dan para pedagang terkait rencana pembangunan pasar tersebut.

Selain itu, lanjut Yani, pihaknya telah menginstruksikan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Dinas Pekerjaan Umum untuk membersihkan material sisa kebakaran, dan menghitung untuk dana penanganan darurat.

"Kami sudah menggelar rapat untuk menentukan tindak lanjut Pasar Cimindi seperti apa," tutup Yani.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya