Tips Cegah Rasa Kantuk di Kantor

Seringkali ketika sedang bekerja merasa mengantuk yang luar biasa. Rasa itu pada umumnya terjadi pada saat siang atau sore hari.

oleh Adinda Purnama Rachmani diperbarui 18 Des 2015, 06:00 WIB
Ilustrasi Mengantuk (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali ketika kita sedang bekerja merasakan kantuk yang luar biasa. Pada umumnya, rasa kantuk tersebut terjadi pada saat siang setelah istirahat makan atau sore hari sebelum pulang.

Rasa kantuk tersebut sangat mengganggu produktivitas Anda. Pasalnya, rasa kantuk tersebut membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi sehingga pekerjaan Anda akan menjadi terbengkalai.

Seperti dilansir dari Cheatseet.com, Jumat (18/12/2015), terdapat beberapa tips agar Anda dapat mempertahankan energi Anda sehingga rasa ngantuk tidak menghampiri:

1. Tidur cukup

Sangat penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga Anda bisa bangun segar di pagi hari. Hal ini juga akan membuat Anda fokus mengerjakan tugas, umunya orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam tidur setiap malam.

2. Makan sehat

Sarapan sangat penting di pagi hari karena akan membuat tubuh Anda menjadi berenergi. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa dengan sarapan dapat meningkatkan memori otak Anda, meningkatkan kemampuan kognitif dan membantu meningkatkan rentang perhatian.

3. Hindari dehidrasi

Pastikan Anda meminum air putih dengan cukup. Jangan sampai Anda terkena dehidrasi dan merasa kelelahan. Karena air akan menetralkan racun berbahaya yang ada di dalam tubuh dan membantu Anda merasa segar sepanjang hari.

4. Istirahat

Anda juga harus mengambil jatah istirahat selama satu jam. Dengan waktu satu jam, Anda dengan waktu satu jam dapat digunakan untuk bersantai. Agar tubuh Anda menjadi fit kembali. (Apr/Gdn)

 

Simak video berikut

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya