8 Fakta Gol Bunuh Diri untuk Manchester United

Manchester United meraih kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur di Old Trafford Stadium, Sabtu (8/8/2015).

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 09 Agu 2015, 07:08 WIB
BUNUH DIRI - Manchester United berhasil unggul 1-0 melawan Tottenham Hotspur melalui gol bunuh diri. (Reuters/Jason Cairnduff)

Liputan6.com, Manchester - Manchester United meraih kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur di Old Trafford Stadium, Sabtu (8/8/2015) malam WIB berkat gol bunuh diri Kyle Walker.

Pada laga pembuka Liga Premier Inggris tersebut, gol bunuh diri Walker terjadi pada menit ke-22. Berawal dari umpan silang mendatar Ashley Young dari sisi kiri pertahanan Spurs.

Bola diterima dengan baik oleh Wayne Rooney. Berniat mengubah arah bola, sapuan bek Walker malah membuat bola bergulir ke gawangnya sendiri.

Kyle Walker

Sebelum kejadian Walker, klub berjuluk Setan Merah itu sudah beberapa kali diuntungkan berkat gol bunuh diri pemain lawan.

Tidak percaya? Simak di halaman selanjutnya!

2 dari 2 halaman

Fakta Gol Bunuh Diri untuk MU

Fakta Gol Bunuh Diri untuk MU

1. Gol bunuh diri Walker merupakan yang pertama untuk  Setan Merah sejak tanggal 31 Januari 2015. Ketika itu, pemain Leicester City, Wes Morgan mencetak gol bunuh diri saat melawan MU.

2. MU terakhir kali menang di kandang lawan berkat gol bunuh diri terjadi pada Agustus 2011. Ketika itu, Steven Reid membelokkan bola hasil sepakan Ashley Young dan masuk ke gawang Ben Foster. MU pun menang atas West Bromwich Albion di The Hawthorns.

3. Gol yang dicetak Walker ke gawang Spurs merupakan gol bunuh diri pertama yang terjadi di laga pembuka Liga Premier Inggris sejak tahun 1992.

4. Pemain Spurs yang pertama kali mencetak gol bunuh diri saat melawan MU adalah Alf Ramsey pada 1952.

5. Hingga saat ini, sudah ada enam pemain Spurs yang mencetak gol bunuh diri saat melawan MU, yakni Alf Ramsey (1952 ), Phil Beal (1965 dan 1968), John Pratt (1975), Paul Miller (1979), Ramon Vega (1997), Kyle Walker (2015).

6. Pada Februari 2001, MU mengalahkan Everton dengan skor 1-0 tanpa ada tendangan yang mengarah ke gawang. MU menang berkat gol bunuh diri Steven Watson.

7. MU merupakan klub yang paling banyak di Inggris mendapatkan gol bunuh diri dari tim lawan, yakni 63 kali. Bahkan, 10 di antaranya terjadi pada musim 2009-2010.

8. Wes Brown, John O'Shea, Henning Berg dan Jonny Evans merupakan pemain MU yang paling banyak mencetak gol bunuh diri. Sepanjang karier mereka bersama MU, keempatnya mencetak 3 gol bunuh diri. (Jnp/Ary)

Baca juga:

Profil Manchester United: Makanan Cepat Saji Van Gaal

Kalahkan CR7 dan Bale, Di Maria Jadi Pemain Termahal di Dunia

Barcelona Sudah Tetapkan Nilai Jual Pemain Bidikan MU

Sergio Ramos Tolak Kontrak Baru dari Real Madrid

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya