Nokia OZO, Kamera Virtual Reality Khusus Profesional

Nokia merilis sebuah kamera VR (virtual reality) baru yang diberi nama OZO.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 01 Agu 2015, 12:20 WIB
OZO (sumber:nokia.com)

Liputan6.com, Jakarta - Diakuisisinya divisi Mobile Nokia oleh Microsoft pada tahun 2013, berakibat Nokia tidak lagi memproduksi perangkat smartphone hingga akhir 2015. Kendati demikian, divisi teknologi Nokia tidak berhenti untuk merilis perangkat baru. 

Salah satunya, tahun lalu Nokia merilis tablet pertamanya dengan menggandeng Foxconn yang diberi nama Nokia N1. Dan bulan ini Nokia merilis sebuah kamera VR (virtual reality) baru yang diberi nama OZO.

OZO merupakan perangkat kamera baru yang mampu merekam dengan sudut pandang 360-derajat. Tampilan OZO dapat dikatakan berbeda dengan tampilan kamera pada umumnya. Hal ini dikarenakan OZO memiliki delapan sensor global yang sinkron untuk menangkap video 3D stereocospic serta delapan mikrofon terintegrasi, yang mampu merekam suara secara terpisah. Selain itu, OZO juga telah dilengkapi baterai dan SSD.  

Mengutip informasi dari laman Mashable, Sabtu (1/8/2015), Ramzi Haidamus, Presiden dari Nokia Technologies, mengatakan bahwa OZO akan mampu menjadi solusi baru dalam perekaman dan pemutaran virtual reality.

"OZO bertujuan menjadi pembuka inovasi dalam dunia VR dengan membuatnya sebagai perangkat yang kuat bagi tangan-tangan profesional untuk menghasilkan pengalaman luar biasa bagi orang banyak," tegas Ramzi.

OZO diperkirakan akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat pada kuartal keempat tahun ini. Namun, sayangnya OZO tidak ditujukan bagi pengguna umum.

OZO secara khusus diperuntukkan bagi pekerja film seperti Hollywood untuk menghadirkan pengalaman baru dalam virtual reality, serta industri periklanan.

(dam/dew)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya