Keren, Burung Ini Tirukan Efek Suara Film Star Wars

Burung ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk meniru suara.

oleh Alexander Lumbantobing diperbarui 20 Jun 2015, 06:21 WIB
Hewan burung ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk meniru suara.

Liputan6.com, Healesville - Burung ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk meniru suara. Sejumlah video YouTube menayangkan burung-burung yang terdengar mengeluarkan suara seperti efek suara film Star Wars, suara lingkungan pembangunan (konstruksi), atau bahkan suara senjata mainan.

Seperti unggahan Saeed Lajami yang menayangkan burung lyrebird di Healesville Sanctuary, Australia yang meniru suara senjata mainan anak-anak. Hal ini lazim terjadi pada hewan tersebut.

Seperti dikutip dari New Scientist, Sabtu (20/6/2015), ada sebuah laporan tentang Gerald Borgia yang telah meluangkan waktu selama 20 tahun untuk mengintai burung bower jantan. Ada berbagai jenis suara yang ditiru burung itu, mulai dari suara tertawa burung kookaburras dan burung pemakan madu, suara kucing, dan suara mesin mobil.

Namun itu semua belum apa-apa dibandingkan dengan rekaman perjalanannya ke pegunungan Papua Nugini. Burung bower dalam rekamannya mengeluarkan suara mulai dari gonggongan anjing, obrolan manusia selagi merambah hutan, suara sabetan golok, suara tumbangnya pohon, gemerisik dedaunan, dan bunyi pohon tumbang menghujam tanah. Wow... (Alx/Ans)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya