Berulang Kali Mencoba, 82 WNI Akhirnya Keluar dari Aden Yaman

Dengan berhasilnya operasi itu, semua warga negara Indonesia sudah keluar dari Aden.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 13 Apr 2015, 17:49 WIB
Suasana evakuasi WNI di Yaman. (Twitter/@Portal_Kemlu_RI)

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan Kementerian Luar Negeri mengevakuasi puluhan warga negara Indonesia (WNI) dari Aden, Yaman. Mereka akan ditempatkan di salah satu negara tetangga Yaman, Djibouti.

"Alhamdulilah, dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, setelah beberapa kali mencoba, akhirnya WNI kita di Aden pada hari ini, pada pukul 07.30 waktu Aden 11.30 waktu Indonesia, berhasil naik ke kapal yang kita sewa ke Djibouti," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmantha Nasir di Kantornya, Jakarta, Senin (13/4/2015).

Dia mengatakan, setelah dari Djibouti, puluhan WNI segera diterbangkan ke Tanah Air. Dengan berhasilnya operasi itu, semua WNI sudah keluar dari Aden. "Totalnya 82 (WNI). Semuanya pelajar, kapal sudah berangkat menuju Djibouti," kata Arrmantha Nasir.

Aden merupakan salah satu wilayah paling berkecamuk di  Yaman. Hampir setiap hari terjadi baku tembak di sana.

Akibat dari tak stabilnya kondisi di Aden, proses evakuasi WNI menjadi sulit. Hal ini pun diperparah dengan lokasi baku tembak di jalan menuju pelabuhan.

Yaman bergejolak setelah milisi Houthi, yang berjuang untuk mendapatkan peningkatan otonomi di Provinsi Saada, melancarkan pemberontakan secara berkala sejak 2004. Aksi mereka yang paling signifikan terjadi sejak Juli 2014.

Puncaknya pada September 2014, ketika mereka menguasai Ibukota Sanaa, menyandera staf kepresidenan dan menembaki kediaman Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi. Kondisi ini kemudian membuat Arab Saudi dan sekutunya turun tangan. (Mvi/Yus)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya