Menteri Jonan Minta Angkasa Pura Tiru KAI untuk Basmi Calo

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan terus menginstruksikan kepada pengelola bandara untuk mencegah terjadi praktik percaloan.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 09 Feb 2015, 14:28 WIB
Ignasius Jonan saat memberikan sambutan dalam acara Sertijab Menteri Perhubungan, Jakarta, Kamis (30/10/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan terus menginstruksikan kepada pengelola bandara untuk mencegah terjadi praktik percaloan. Untuk menghentikan itu, Jonan mengaku memberikan contoh kepada pihak Angkasa Pura (AP) untuk meniru apa yang sudah dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

"KAI itu sudah pakai vending machine (mesin penjual otomatis). KAI saja bisa maka Angkasa Pura juga pasti bisa. Kalau tidak bisa ya tutup saja,"‎ tegas Jonan di kantornya, Senin (9/2/2015).

Mengingat Jonan merupakan mantan Direktur Utama KAI, maka dirinya mengetahui persis bagaimana cara yang dia perintahkan ke para pengelola bandara tersebut. Bagi Jonan, industri penerbangan adalah industri yang terus berkembang dan menuntut adanya kemajuan teknologi dalam hal pelayanan publik.

"Kalau stasiun kereta api tidak ada calonya ya bandara juga sudah tidak ada. PT Angkasa Pura harus bereskan ini, saya akan luncurkan peraturan dan implementasinya di AP," tambahnya.

Tak tanggung-tanggung, Jonan bahkan mengancam mengusulkan pergantian manajemen Angkasa Pura ‎jika ke depan praktik percaloan tetap menjamur di bandara. "Kalau tidak berhasil juga ya orangnya diganti, karena pelayanan publik semakin lama harus semakin tertib,"‎ ujar Ignasius Jonan. (Yas/Ahm)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya