Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Jakarta Diimbau Waspada

Ketinggian permukaan air Bendungan Katulampa diperkirakan masih akan meningkat, seiring hujan yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor.

oleh Bima Firmansyah diperbarui 21 Des 2014, 19:52 WIB
Katulampa - Liputan6 pagi

Liputan6.com, Bogor - Tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat naik hingga 80 centimeter. Ketinggian permukaan air bendungan tersebut diperkirakan masih akan meningkat, seiring hujan yang mengguyur kawasan Puncak.

Kepala Pengawas Bendungan Katulampa, Andi Sudirman, mengatakan ketinggian muka air terpantau 80 cm atau Siaga IV banjir Jakarta dengan debit air sekitar 90.046 liter per detik. ‎Air naik drastis sekitar pukul 18.00 WIB tadi.

Sejak Minggu pagi, lanjut Andi, ketinggian muka air Ciliwung terpantau masih di angka 30 centimeter atau masih di bawah normal (50 cm). Ketinggian air naik 10 cm saat hujan sekitar pukul 17.00 WIB. "Baru saja air datang, terpantau di angka 80 centimeter pukul 19.00 WIB," kata Andi di Pos Bendungan Katulampa, Bogor, Minggu (21/12/2014).

Andi menjelaskan, cuaca di hulu, Cisarua-Puncak saat ini masih terpantau hujan dengan intensitas lebat sedangkan di Kota Bogor hujan dengan intensitas sedang. "Sementara itu pantauan di Pos Pengendalian, Panus, Depok terpantau 110 centimeter atau masih normal (125 cm)," beber Andi.

Untuk itu, jelas Andi, warga di bantaran dan hilir Ciliwung tetap waspada. Ini mengingat air Ciliwung diperkirakan akan sampai Jakarta sekitar 10 hingga 12 jam kemudian.

Adapun hingga Minggu petang di Kota Bogor masih terpantau hujan dengan intensitas sedang sejak pukul 17.00 WIB. (Ans)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya