Babad Tanah Jawa Padukan Artis Muda dan Aktor Senior

Sutradara Jiwo Kusumo berencana membuat sinetron berlatar sejarah dengan memadukan semua versi.

oleh Julian Edward diperbarui 22 Nov 2014, 21:30 WIB
Jiwo Kusumo melakukan riset panjang untuk membuat sinetron berlatar sejarah

Liputan6.com, Jakarta Tayangan berlatar sejarah, temuan dan mitos memiliki penggemar yang cukup banyak di Tanah Air. Itulah yang menjadi alasan bagi sutradara Jiwo Kusumo menggarap mega sinetron Babad Tanah Jawa.

"Babad Tanah Jawa ini diilhami dari banyak versi, baik itu legenda, penemuan artefak, dan mitos. Kami dari tim kreatif memadukan itu, sejarah dan unsur geologinya," kata Jiwo Kusumo dalam jumpa pers di lobi TVRI, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menariknya, Jiwo Kusumo memadukan artis-artis muda dan aktor senior di sinetron tersebut. `Babad Tanah Jawa` dibintangi artis peran Panca Prakosa, Ika Angel, Novie Chandra, Dian Nova dan Dhanny Ardhan.

"Sesuai namanya, sinetron ini akan menceritakan kisah raja-raja di Jawa. Kita mungkin selama ini hanya mendengar Hayam Wuruk, Gajah Mada. Nanti juga ada Ken Arok dan Ken Dedes, yang memesan keris ke Mpu Gandring. Nanti juga ada cerita Pangeran Joyoboyo, dinasti Sailendra," kata Jiwo Kusumo.

Si sutradara mengakui perlu riset yang cukup matang untuk membawa `Babad Tanah Jawa` ke layar kaca. Pasalnya, kisah-kisah kerajaan Jawa memiliki banyak versi.

"Mungkin di sini sinetron `Babad Tanah Jawa` kami padukan dengan semua versi, tentu didukung dengan riset, nara sumber, teknologi, dan temuan artefak. Ini harus hati-hati, ada yang tersirat ada yang tidak tersirat, ada yang tercatat ada yang tidak tercatat. Saya melakukan penelitian hampir lebih dari satu tahun, saya melakukan penelitian sejak 2010 lalu," tutup Jiwo Kusumo.(Jul/Mer)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya