Ratusan Satpol PP Siaga Demo Forkabi Tolak Ahok

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tengah berada di Korea Selatan untuk mengikuti acara Asian Games.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 03 Okt 2014, 12:14 WIB
Satpol PP (Liputan6.com/ Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) akan menggelar aksi demo di Balaikota, Jakarta untuk menolak Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai gubernur DKI Jakarta. Ratusan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dikerahkan untuk menjaga demo usai salat Jumat.

"Hari ini ada 650 personel. Disiagakan saja, karena menurut informasi, mungkin setelah salat Jumat, akan ada demonstrasi dari Forkabi hari ini," ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Santoso di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Meski sudah ada penjagaan dari aparat polisi, Satpol PP tetap akan menyiagakan personelnya. Sebab, fungsi utama mereka adalah mengamankan aset-aset atau kepentingan milik Pemprov DKI Jakarta.

"Bila demonya sudah sampai di sini, kita akan bekerja sama dengan TNI/Polri, mengamankan supaya tidak sampai menjurus ke anarkis. Intinya, ada ataupun tidak ada demo, Satpol PP akan selalu siap menjaga Balaikota," terang Kukuh.

Ahok tengah berada di Korea Selatan untuk mengikuti acara penutupan Asian Games. Dia bertolak ke Negeri Ginseng itu pada Kamis 2 Oktober malam sekitar pukul 23.00 WIB. Di Korea Selatan nanti, Ahok juga akan melihat rumah sakit yang khusus menangani kanker.

Ormas Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Betawi Rempug (FBR) juga telah unjuk rasa menolak Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.  Perwakilan 2 ormas itu diterima anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PPP Abraham Lunggana atau Haji Lulung. (Sss)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya