Menpora Minta KPK Kawal Pelaksanaan Asian Games 2018

Menpora Roy Suryo akan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi agar mengawal pelaksanaan Asian Games 2018

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 21 Sep 2014, 18:42 WIB
Menpora Roy Suryo (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com,Jakarta: Indonesia secara resmi sudah ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pemerintah sudah mempersiapkan dua daerah yang akan menjadi tuan rumah, yakni Jakarta dan Palembang.

Terkait dengan itu, Dewan Olimpiade Asia (OCA) meminta Indonesia mempersiapkan semua venue hingga tahun 2016.  Namun, menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, OCA melarang Indonesia membuat venue baru yang akan digunakan di Asian Games 2018. OCA khawatir kalau pembangunan venue baru akan berdampak negatif.

Agar masalah tersebut tidak muncul selama proses persiapan, Menpora atas nama pemerintah akan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar mengawal pelaksanaan perhelatan olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut.

"Jangan sampai even yang sangat baik ini dikotori oleh niat-niat untuk malah hanya ingin  suksesnya penyelenggaraan, termasuk pembangunan venue," kata Menpora. "Bahkan, untuk pembangunan venue saja, COA sudah merekomendasikan agar tidak melakukan pembangunan, dan harus selesai pada 2016."

Menpora menganggap masalah persiapan ini harus dilakukan secara serius. Roy tidak mau kejadian pada penyelenggaraan Asian Games tahun di Incheon, Korea Selatan, terulang di Indonesia. Mereka menyediakan arena pertandingan seadanya.

"Incheon pun jika masih ada waktu akan ditarik, namun karena tidak ada lagi waktu, dan tak ada yang mau menggantikannya maka tetap dilangsungkan," kata Menpora.
 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya