Stroganina, Sajian Lezat Ikan Beku dari Rusia Utara

Stroganina menggunakan ikan salmon putih, cisco atau sturgeon sebagai bahan bakunya.

oleh Aria Sankhyaadi diperbarui 10 Jul 2014, 20:30 WIB
Stroganina menggunakan ikan salmon putih, cisco atau sturgeon sebagai bahan bakunya.

Liputan6.com, Rusia Sajian dari daging mentah atau yang dikenal Sashimi banyak ditemukan di kedai-kedai makanan di Jepang. Namun siapa yang menyangka jika di Rusia Utara terdapat juga santapan yang hampir serupa dengan sashimi.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral, Kamis (10/7/2014), di Rusia Utara terdapat santapan unik yang bernama Stroganina yang terbuat dari daging ikan beku.

Ikan yang digunakan dalam Stroganina ini adalah salmon putih, cisco atau sturgeon. Bahkan untuk memasok ikan tersebut mereka mengambil langsung dari sungai arktik yang sangat dingin.

Foto dok. Liputan6.com

Foto dok. Liputan6.com

Sedangkan untuk pembuatan ikan ini cukup panjang. Pertama dengan membuat lubang-lubang kecil di sungai lalu dibor, kemudian ikan langsung ditarik keluar. Begitu ikan keluar, ikan tersebut langsung dibekukan dengan suhu minus 25 derajat celsius.

Sementara itu, untuk kepala ikan akan digesek-gesekkan dengan es selama 20 menit hingga mejadi regang kusut dan akhirnya membeku. Setelah dibekukan selama 10 hingga 12 jam, daging ikan ini diiris kecil-kecil untuk menghindari pencairan.

Foto dok. Liputan6.com

Foto dok. Liputan6.com

Pengirisan tersebut dilakukan supaya ikan tersebut tidak meleleh hingga siap untuk dimakan. Karena jika ikan tersebut sempat meleleh maka akan menjadi sebuah penghinaan bagi warga Rusia Utara.

Untuk menyatap Stroganina, ikan ini akan disajikan dengan saus yang terbuat dari garam dan bubuk merica hitam, terkadang juga dihiasi dengan daun beri berwarna merah dan hijau. Untuk rasa stroganina hampir mirip dengan sashimi yang lembut dan segar tetapi memiliki sensasi dingin. Penasaran mencicipinya? (Ars)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya