Jokowi: Difitnah Terus, Terpaksa Foto Naik Haji Disebar

Jokowi menegaskan telah naik haji dan umrah beberapa kali. Hal itu untuk menjelaskan kepada masyarakat agar tak terjadi fitnah.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 07 Jun 2014, 17:50 WIB
Joko Widodo dalam kunjungan ke Papua beberapa waktu lalu (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Capres pasangan nomor urut 2, Joko Widodo mengimbau masyarakat agar tidak termakan isu negatif tentang dirinya yang marak beredar. Salah satunya isu tentang huruf 'H' di depan namanya yang disebut merupakan singkatan dari 'Herbertus', sebagai nama baptis pria yang karib disapa Jokowi itu.

Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu mengungkapkan dirinya menjadi haji sejak tahun 2003. Dan hingga kini telah naik haji dan umrah beberapa kali. Hal itu menurutnya untuk menjelaskan kepada masyarakat agar tak terjadi fitnah.

"Harus dijelaskan. Kalau ndak, fitnah aja nanti. Dengan terpaksa saya agak sombong sedikit, riya (pamer) sedikit. Karena difitnah terus. Berapa kali saya umrah dan haji, saya sebarkan," ucapnya ketika melakukan orasi politik dalam kampanye terbuka di Lapangan Siaga, Bojong Gede, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/6/2014).

Hal itu disampaikan mantan Walikota Surakarta tersebut hanya untuk menjernihkan isu-isu di masyarakat agar tidak berkembang luas menjadi fitnah yang meresahkan.

Jokowi mengatakan pihak-pihak yang ingin menjatuhkan dirinya bersusah payah mencari kesalahan dirinya dan cawapres yang menjadi pasangannya Jusuf Kalla. Namun, karena sulit mendapatkan celah, yang dilakukan malah menyebarkan fitnah.

"Karena cari kesalahan dan dosa politik saya ndak ada. Jadi gampangnya cari fitnah. Pokoknya jangan percaya. Kita pintar ndak mungkin diberi isu, langsung belok. Nggak usah didengerinlah isunya," tegas Jokowi.

Pada kampanye Jokowi hari ini di wilayah Bogor, Jawa Barat, memang ada pemandangan berbeda. Ketika Jokowi berpindah lokasi kampanye, para relawan ikut mengiringi Jokowi. Sambil mengelu-elukan nama Jokowi, konvoi relawan ini juga membagi-bagikan lembaran berisi 2 foto Jokowi ketika naik haji kepada warga.

"Gunakan hak pilih!" seru beberapa relawan yang mengendarai motor sepanjang jalan Pasar Anyar, Kota Bogor.

Di atas lembaran foto tersebut tertulis 'Perjalanan ibadah haji dan umroh H Joko Widodo di Tanah Suci'.

Foto pertama menunjukkan Jokowi yang mengenakan pakaian haji atau ihram sedang bersantai dengan teman-temannya, termasuk politisi Partai Golkar Tantowi Yahya dalam sebuah tenda.

Kemudian foto kedua menampilkan Jokowi tengah berfoto bersama istri dan 2 anaknya, dengan latar belakang Kabah. (Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya