BP Borong Saham Pabrik Petrokimia Jepang

BP menyatakan telah memborong semua saham PT Amoco Mitsui Indonesia (AMI) yang dimiliki Mitsui Chemicals Inc dan MBK.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 07 Mar 2014, 20:33 WIB

Liputan6.com, Jakarta Grup BP menyatakan telah memborong semua saham PT Amoco Mitsui PTA Indonesia (AMI) yang dimiliki Mitsui Chemicals Inc. (MCI) dan Mitsui & Co, Ltd (MBK) dari Jepang.

Chief Executive BP Global Petrochemicals, Nick Elmslie mengatakan, AMI adalah perusahaan patungan dengan komposisi kepemilikan saham 50:50 antara BP dan mitra-mitranya. PT Amoco Mitsui Indonesia memproduksi dan menjual purified terephtalic acid (PTA) di Indonesia.

Dengan memborong saham AMI dari Mitsui, grup BP mengharapkan dapat menjadi pemain utama untuk memproduksi dan menjual PTA di masa mendatang.

“BP memiliki sebuah bisnis utama dalam bidang PTA yang mengglobal, dengan lokasi operasi di AS, Eropa dan Asia, didukung dengan teknologi yang mutahir. Transaksi ini selaras dengan strategi kami untuk menjadi pemain utama di bidang PTA di pasar dimana kami memilih untuk bersaing,” Kata Emelsie, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (7/3/2014).

Sementara itu, Presiden dari BP’s Aromatic Business di Asia,  Mark Wilson, menambahkan pabrik AMI adalah pabrik yang efisien dengan posisi pasar yang bagus di Indonesia.  Saat ini kebutuhan PTA dalam negeri meningkat sekitar 6 % selama beberapa tahun terakhir.

Menurut Mark, kesepakatan ini membuka jalan bagi perseroan untuk menggapai kesempatan-kesempatan menurunkan biaya dari fasilitas-fasilitas produksinya dengan meningkatkannya sesuai dengan teknologi  yang mutahir. Pihaknya juga mengharapkan kesempatan-kesempatan untuk berkembang di pasar Indonesia.

"AMI akan terus melayani pasar PTA di Indonesia. Bisnis BP lainnya di Indonesia tidak terdampak atas transaksi ini," pungkasnya.

Terhitung mulai 1 Maret 2014, AMI menjadi anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh grup BP. AMI mempunyai kantor pusat di Jakarta dan fasilitas produksi di Merak, Cilegon, Provinsi Banten, Indonesia.

Pabrik PT AMI terletak di Merak dengan luas lahan 36 hektar di Titan-PENI. Saat ini perseroan memproduksi sekitar 460 ribu ton PTA. Adapun PTA ini digunakan sebagai bahan pembuat poliester yang digunakan untuk produk pakaian, botol, penyekat saput buat kabel dan lainnya.

Berdasarkan situs AMI, pemegang saham perseroan terbesar BP, lalu Mitsui Petrochemical Industries Ltd, dan  MBK, Sogo Shosha Company, perusahaan berbasis di Jepang.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya