Buat Pertama Kali, Pemimpin Arab-Amerika Selatan Bertemu

Negara-negara Arab dan Amerika Selatan untuk pertama kali bertemu dalam konferensi tingkat tinggi di Kota Brasilia, Brasil. Permohonan Amerika Serikat untuk menjadi pengamat ditolak pemerintah Brasil.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Mei 2005, 06:50 WIB
Liputan6.com, Brasilia: Para pemimpin negara Amerika Selatan dan Arab mengadakan pertemuan tingkat tinggi untuk pertama kalinya di Kota Brasilia, Brasil, Ahad (8/5). Pertemuan itu dimaksudkan untuk menyatukan pandangan negara-negara berkembang dalam menghadapi globalisasi.

Rencananya, pertemuan antara negara-negara Amerika Selatan dan Liga Arab ini secara resmi dibuka besok. Pertemuan akan dihadiri 34 pemimpin negara dan 22 di antaranya dari wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah. Dalam konferensi yang dipimpin Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva ini di antaranya akan dihadiri Presiden Venezuela Hugo Chavez, Presiden Palestina Mahmud Abbas serta Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika.

Da Silva menyatakan, konferensi ini dimaksudkan untuk menyatukan pandangan negara-negara berkembang di wilayah Amerika Selatan dan Timur Tengah. Isu yang akan dibahas di antaranya soal reformasi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peniadaan subsidi pertanian untuk negara-negara maju. Selain itu, penyelenggaraan konferensi juga sebagai pembuka jalan menuju negosiasi kesepakatan perdagangan bebas antara dua wilayah tersebut. Rencananya, hari ini, diadakan pertemuan tingkat menteri yang dilanjutkan dengan konferensi tingkat tinggi selama dua hari.

Sementara itu, keinginan Amerika Serikat untuk hadir sebagai pengamat ditolak pemerintah Brasil. Penolakan ini membuat sejumlah negara sekutu AS seperti Mesir dan Arab Saudi membatalkan kehadiran mereka. Kendati begitu, pemerintah Brasil menegaskan, langkah ini bukanlah suatu tantangan kepada Uncle Sam.(YYT/Yes)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya