Sukses

Paul Wolfowitz Calon Kepala Bank Dunia

Presiden Amerika Serikat George Walker Bush merekomendasikan Paul Wolfowitz sebagai kepala Bank Dunia. Pencalonan Wakil Menteri Pertahanan AS ini akan mulus setelah mengantongi persetujuan dari Eropa.

Liputan6.com, Washington DC: Paul Wolfowitz direkomendasikan sebagai kepala Bank Dunia oleh Presiden Amerika Serikat George Walker Bush di Washington DC, AS, Rabu (16/3). Bush menyebut Wolfowitz sebagai orang yang tepat dan cakap untuk memimpin bank yang beranggotakan 184 negara itu. Namun, pencalonan Wakil Menteri Pertahanan AS ini diperkirakan mendapat ganjalan dari Eropa.

Pencalonan mantan Duta Besar AS untuk Indonesia ini terkait dengan berakhirnya kepemimpinan James Wolfensohn di lembaga keuangan dunia itu. Wolfensohn yang sudah dua periode menjadi kepala Bank Dunia akan resmi mundur pada 1 Juni mendatang.

Saat ini, Paul Wolfowitz adalah orang kedua di Pentagon (Departemen Pertahanan AS) setelah Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld. Jabatan itu diemban Wolfowitz sejak Maret 2001. Selama ini, Wolfowitz dikenal sebagai penganjur utama invasi AS ke Irak dengan alasan kepemilikan senjata pemusnah massal yang ternyata tidak terbukti.

Latar belakang itulah yang membuat pencalonannya kurang berjalan mulus. Dia harus lebih dahulu mengantongi persetujuan dari Eropa yang jelas-jelas berseberangan dengan AS dalam isu Irak. Bank Dunia secara tradisi dikepalai seorang berkebangsaan AS. Sedangkan institusi kembarnya, Dana Moneter Internasional (IMF) biasanya diketuai orang Eropa.(TNA/Rcm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.