Sukses

Lipatan Layar Samsung Galaxy Z Flip 6 bakal Lebih Kecil dari Z Flip 5, Apa Rahasianya?

Samsung Galaxy Z Flip 6 akan memiliki lipatan layar alias crease yang lebih kecil dari generasi sebelumnya yakni Z Flip 5. Kok bisa, kira-kira apa rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip 6 dirumorkan akan hadir pada Juli 2024 bersamaan dengan saudaranya, Galaxy Z Fold 6. Tampaknya kedua smartphone layar lipat terbaru ini akan menampilkan peningkatan yang tak terlalu besar, namun memberi pengaruh signifikan .

Menurut laporan baru dari pabrik Samsung di Korea, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Selasa (21/5/2024), Samsung Galazy Z Flip 6 akan menggunakan kaca ultra-tipis (Ultra Thin Glass/UTG) yang lebih tebal dibandingkan pendahulunya.

Kaca terbaru ini akan menghasilkan lipatan (crease) yang tidak terlalu mencolok di bagian tengah layar lipat. Hal ini merupakan peningkatan yang jelas merupakan kabar baik mengingat banyak pesaing Z Flip 6 kini memiliki lipatan layar yang minimal, bahkan tidak terlihat sama sekali.

Menariknya, desain dari engsel Galaxy Z Flip 6 tidak mengalami perubahan meski menggunakan UTG yang lebih tebal, sehingga lipatan layar masih terlihat, meski lebih kecil dari pendahulunya.

Laporan tersebut juga mengatakan ketebalan UTG Flip6 akan menjadi sekitar 50μm, naik dari 30μm pada Flip5. Tak hanya itu, lipatan dari Galaxy Z Flip 7 yang baru akan rilis tahun depan disinyalir akan mendapatkan engsel baru yang akan membuat lipatan layar lebih tersamarkan.

Samsung Galaxy Z Flip 6 sebelumnya juga dikabarkan akan hadir dalam varian warna light blue, light green, silver, dan yellow. Laporan terbaru dari Young menunjukkan varian warna light green akan diberi nama mint, sedangkan varian warna silver akan diberi nama silver shadow.

Selain itu, pilihan warna untuk Galaxy Z Flip 6 akan menampilkan beberapa opsi, seperti crafted black, peach, dan white. Namun, warna khas ungu/lavender, yang menjadi ciri khas lini Z Flip sebelumnya, tidak ada dalam daftar ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Prosesor Snapdragon 8 Gen 3

Sementara itu, ponsel layar lipat ini dikabarkan akan menggunakan chipset dari Qualcomm, bukan buatan Samsung sendiri.

Sebelumnya, terdapat rumor yang mengatakan kalau Samsung Galaxy Z Flip 6 akan rilis dalam dua tipe prosesor berbeda. Di AS dan beberapa negara tertentu bakal menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 3, sedangkan sisanya ditenagai chipset Exynos 2400.

Pun demikian, ada kabar baru kalau HP Layar lipat dari Samsung ini bakal menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, alih-alih menggunakan chipset Exynos.

Menurut laporan dari Tom's Guide, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Rabu (15/5/2024), Samsung kemungkinan besar tidak akan meluncurkan Galaxy Z Flip 6 dalam dua prosesor berbeda.

Laporan tersebut juga memprediksi kalau produsen HP asal Korea itu akan menggunakan prosesor Qualcomm di seluruh negara, tak hanya di wilayah Amerika Utara.

Kabar ini disambut baik oleh pengguna yang lebih menyukai ponsel Samsung dengan chipset Snapdragon. Pasalnya, mereka menganggap SoC itu lebih andal dalam kinerja komputasi dan gaming daripada chipset Exynos.

3 dari 4 halaman

Hadir dengan RAM 8GB dan 12GB

Baru-baru ini, spesifikasi dari HP layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 6 bocor di situs benchmark Geekbench.

Menurut situs tersebut, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Minggu (22/4/2024), Galaxy Z Flip 6 bakal menggunakan chipset tertinggi dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 3, yang ditemani dengan RAM sebesar 8GB.

Di situs itu pula ditemukan 17 kali pengujian sintetis Vulkan. Hasilnya, Galaxy Z Flip 6 memiliki skor 15084 poin. Skor itu mirip dengan hasil pengujian yang dilakukan di ponsel Galaxy S24 Ultra.

Samsung Galaxy Z Flip 6 akan hadir dengan dua konfigurasi memori, yakni RAM 8GB dan 12GB. Kendati demikian, tidak semua negara akan mendapatkan versi RAM 12 GB.

Penyimpanan internal dari ponsel ini akan hadir dalam dua kapasitas, 256GB dan 512GB. Dengan kapasitas tersebut, Galaxy Z Flip 6 dapat menyediakan ruang yang cukup untuk aplikasi, game, dan file multimedia.

4 dari 4 halaman

Bakal Punya Cover Screen Lega

Samsung Galaxy Z Flip 6 kabarnya akan mengalami perubahan, khususnya di ukuran layar kover depan ketimbang generasi sebelumnya.

Kabarnya, Galaxy Z Flip 6 akan hadir dengan layar kover lebih besar daripada Z Flip 5 (3,4 inci), dan Z Flip 4 dan Z Flip 3 yang hanya 1,9 inci.

Hal ini diungkap oleh leaker @TheGalox_, di mana dia mengatakan HP Galaxy Z Flip 6 akan tampil dengan layar kover berukuran 3,9 inci.

Agar tidak rentan tergores dan pecah, perusahaan asal Korea tersebut sudah melindungi layar kover ini dengan teknologi Gorilla Glass Armor.

Mengutip GSM Arena, Jumat (15/4/2024), HP layar lipat Samsung ini akan hadir dengan layar utama berukuran 6,7 inci.

Tak hanya itu, perusahaan juga disebut-sebut sudah melakukan peningkatan di ensel dan sistem pendingin lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.