Sukses

Apple Gagalkan Aksi Penipuan Senilai Rp 112 Triliun di App Store, Ini Rahasianya!

Apple lindungi pengguna dari penipuan di App Store! Ketahui strategi jitu mereka dan dapatkan tips aman download aplikasi!

Liputan6.com, Jakarta - Apple berkomitmen untuk menjaga App Store sebagai platform aman dan terpercaya bagi pengguna. Upaya gigih Apple dalam memerangi penipuan telah membuahkan hasil luar biasa, yaitu:

1. Pencegahan Transaksi Penipuan yang Fantastis:

  • Sejak 2020, App Store berhasil mencegah transaksi penipuan senilai lebih dari USD 7 miliar, termasuk USD 1,8 miliar di tahun 2023 saja.
  • Lebih dari 14 juta kartu kredit curian dan 3,3 juta akun Apple diblokir dari transaksi.

2. Sistem Anti-Akun Penipu yang Kuat:

  • Apple memiliki sistem canggih untuk mendeteksi dan menghapus akun pengembang dan pelanggan penipu.
  • Di tahun 2023, hampir 374 juta akun App Store dihentikan karena penipuan dan penyalahgunaan.
  • 118.000 akun pengembang dihentikan dan 91.000 pendaftaran pengembang penipu ditolak.
  • Lebih dari 153 juta akun pelanggan penipu dihapuskan.

3. Memblokir Aplikasi Ilegal dan Berbahaya:

  • Apple berkomitmen untuk melindungi pengguna dari aplikasi ilegal dan berbahaya.
  • Lebih dari 47.000 aplikasi ilegal diblokir dari berbagai penyedia aplikasi bajakan dalam 12 bulan terakhir.
  • Hampir 3,8 juta upaya untuk menginstal aplikasi ilegal melalui Developer Enterprise Program dihentikan.

4. Proses Tinjauan Aplikasi yang Ketat:

  • Tim App Review Apple, yang terdiri dari lebih dari 500 ahli, meninjau setiap aplikasi sebelum dirilis.
  • Pada tahun 2023, hampir 6,9 juta pendaftaran aplikasi ditinjau dan lebih dari 1,7 juta ditolak karena pelanggaran privasi dan penipuan.
  • Tim ini juga berhasil mengidentifikasi dan menghapus aplikasi berbahaya menyamar sebagai aplikasi aman.

5. Menjaga Keaslian Penilaian dan Ulasan:

  • Penilaian dan ulasan penting bagi pengguna dan pengembang.
  • Pada tahun 2023, Apple menghapus hampir 152 juta penilaian dan ulasan penipuan di toko aplikasi perusahaan. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Jangka Panjang:

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

App Store yang aman dan terpercaya memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi pengguna. Konsumen pun tidak perlu lagi khawatir apakah aplikasi yang akan di download mengandung program berbahaya atau malware.

Tentunya Apple tidak dapat mewujudkan hal ini sendiri. Berbekal deretan pengembang jujur dan beretikat, terciptalah platform toko aplikasi aman dan terpercaya.

Apple tidak akan berhenti di sini. Mereka terus berinvestasi dalam meningkatkan keamanan App Store dan memastikannya tetap menjadi platform yang aman dan terpercaya bagi semua orang.

Tips untuk Pengguna App Store:

  • Unduh aplikasi hanya dari App Store resmi.
  • Baca ulasan aplikasi sebelum mengunduhnya.
  • Periksa izin yang diminta aplikasi sebelum menginstal.
  • Laporkan aplikasi mencurigakan ke Apple.
  • Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun Apple Anda.
3 dari 4 halaman

Rumor Terbaru Apple Watch X

Konsep Desain Apple Watch X (Dok: Phone Arena)

Tahun ini, Apple dikabarkan akan merilis jam tangan pintar terbarunya. Jam tangan tersebut dirumorkan bakal memiliki nama Apple Watch X.

Apple Watch X disebut menjadi smartwatch anyar Apple yang digadang-gadang menghadirkan sejumlah fitur baru. Hal itu dilakukan karena jam tangan ini akan menandai perayaan 10 tahun sejak perilisan Apple Watch generasi pertama.

Ada rumor baru bahwa Apple Watch X bakal menghadirkan kamera depan berbentuk punch hole. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (15/5/2025), agensi desain dari Jerman, Wordsmatrr, telah membuat desain konsep dari jam tangan Apple itu.

"Kami telah mengerjakan konsep desain detail Apple Watch X selama lebih dari 3 bulan hingga saat ini dan telah mengumpulkan beberapa rumor, paten, dan berita tentang Apple Watch yang akan datang" ucap perwakilan dari Wordsmatrr, Lukas Gehrer.

Desain Apple Watch terbaru dari Wordsmatrr ini menunjukkan bentuk yang mirip dengan Apple Watch Ultra dengan ketebalan lebih ramping. Tak hanya itu, terdapat kamera FaceTime 8MP berbentuk punch-hole di bagian atas smartwatch.

Konsep tersebut memperlihatkan Apple Watch X bakal mendukung video call dan bahkan bisa diajak buat fotografi.

Meski begitu, desain tersebut masih menjadi sebuah konsep dan masih belum diketahui secara pasti desain dan kemampuan yang akan dihadirkan oleh Apple Watch X.

4 dari 4 halaman

Apple Watch X Hadirkan Perubahan Besar-besaran

<p>Bocoran Apple Watch X Terbaru: Tampil dengan Pendeteksi Apnea Tidur hingga Tali Magnetik. (Doc:  @ConceptCentral | AppleTrack  | Gizchina)</p>

Berdasarkan laporan sebelumnya, Apple dirumorkan bakal menghadirkan sejumlah inovasi dan fungsi baru di Apple Watch X mendatang. 

Berdasarkan informasi yang beredar di internet saat ini, akun media sosial X @ConceptCentral dan Sam Kohl dari AppleTrack pun membuat sebuah gambar dan video render Apple Watch X.

Mengutip Gizchina, Senin (22/4/2024), Apple Watch X bakal tampil dengan desain baru dan digadang-gadang akan merevolusi pasar jam tangan pintar dunia.

Leaker terkenal Apple, Mark Gurman menyebutkan, perubahan besar-besaran seperti iPhone X akan terjadi terhadap jam tangan pintar generasi ke-10 milik Apple itu.

Banyak pihak meyakini, penerus Apple Watch 9 series ini akan memiliki fitur pemantauan kesehatan tingkat lanjut. Bocoran menyebutkan, perangkat ini kemungkinan bakal menggabungkan fitur pemantauan apnea tidur dan pemantauan glukosa darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.