Sukses

Jangan Dibuang Dulu! Ini 5 Cara Kreatif Manfaatkan HP Jadul Jadi Barang yang Berguna

Punya HP lama yang nganggur? Jangan buru-buru dibuang! Ubah jadi pemutar musik, dashcam, atau alat bermanfaat lainnya. Temukan 5 ide kreatif di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone tidak dimungkiri akan mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu. Saat ponsel telah bertahun-tahun dipakai, biasanya orang akan mengganti ponsel dengan tipe yang lebih modern dan memiliki lebih banyak fitur.

Beberapa pengguna biasanya menjual smartphone lama mereka agar mendapatkan dana tambahan. Namun, jika ponsel tersebut terlalu tua dan tidak bisa digunakan untuk kebutuhan zaman sekarang, pengguna tentu kesulitan menjualnya.

Kendati demikian, jangan bersedih. Kamu masih bisa menggunakan ponsel lama tersebut untuk berbagai kebutuhan. Jadi, kamu tidak perlu memakai ponsel baru kamu untuk menjalankan beberapa aktivitas.

Penasaran bagaimana caranya? Tekno Liputan6.com akan memberikan cara untuk memanfaatkan smartphone lama untuk berbagai hal seperti dikutip dari Gizchina, Kamis (16/5/2024). Simak sampai selesai, ya.

Manfaatkan jadi Pemutar Musik

Ada HP nganggur, kamu bisa manfaatkan untuk mendengarkan lagu sambil santai-santai di rumah. Kamu juga bisa sambungkan ponsel kamu ke perangkat audio.

Biasanya, HP jadul memiliki colokan audio 3.5mm yang bisa disambungkan ke speaker aktif. Namun, jika speaker kamu hanya mendukung bluetooth, kamu juga bisa menyambungkan ke ponsel kamu melalui sambungan nirkabel itu.

Kamu bisa memutar lagu kesukaan di smartphone lama kamu, baik lewat layanan streaming ataupun lagu yang kamu unduh secara offline. Pastikan lagu yang kamu punya adalah lagu yang didapat dari jalur resmi. Jangan download lagu secara bajakan, ya.

Ubah HP jadi Dashcam

Pernah kepikiran untuk memiliki dashcam, tapi dana kamu terbatas? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan HP lama kamu jadi dashcam murah meriah.

Cukup unduh aplikasi dashcam di ponsel kamu, seperti Droid Dashcam. Lalu, taruh HP milikmu di dashboard.

Selalu ingat, pasang ponsel agar aman saat berkendara. Selain itu, pastikan pandangan kamera ponsel kamu jelas dan tidak ada benda yang menghalangi. Sekarang kamu punya dashcam idaman dengan budget minim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Ngegame dengan Emulator

Kangen main game lawas? Kamu bisa manfaatkan HP lama kamu sebagai perangkat gaming retro loh.

Cukup instal emulator, kamu bisa memainkan banyak judul game dari berbagai konsol game klasik, seperti PlayStation One, GameBoy, GameCube, dan masih banyak lagi.

Memanfaatkan HP lama jadi emulator game retro juga bisa bikin penyimpanan di HP utama kamu tidak cepat penuh.

Dengan memindahkan beberapa game retro ke ponsel lama kamu, kamu dapat mengosongkan ruang penyimpanan HP utama kamu secara signifikan. Jadi kamu bisa menyimpan lebih banyak foto dan beberapa file penting di ponsel utama.

Berikut beberapa emulator yang paling banyak digunakan saat ini:

  • Emulator PS2: Aethersx2
  • Emulator PS1: DuckStation
  • Emulator GameBoy Advance: MyBoy
  • Emulator GameCube/Wii: Dolphin
  • Emulator SNES: Snes9x EX+
3 dari 4 halaman

Manfaatkan HP Lama jadi Kamera Pengawas

Kepikiran buat beli kamera pengawas, tapi dana terbatas? Jangan takut, kamu juga bisa ubah HP kamu jadi CCTV dengan trik yang sangat sederhana.

Untuk ubah HP lawas jadi home security camera, kamu bisa unduh aplikasi seperti IP Webcam agar bisa dipakai untuk memantau rumah kamu 24 jam. Metode ini cocok untuk memantau rumah saat kamu lagi kerja atau liburan.

Selain itu, kalau kamu punya perangkat smart home, seperti lampu pintar atau AC yang bisa diatur secara online, HP lama kamu bisa jadi remote control untuk perangkat tersebut.

4 dari 4 halaman

Manfaatkan HP Lama jadi Smart Alarm

Susah bangun pagi, atau sekedar ingin bangun tepat waktu? HP lama kamu bisa dijadikan smart alarm terbaik.

Caranya mudah, cukup beli dudukan ponsel (phone stand) murah di toko online, lalu atur alarm di aplikasi Jam yang biasanya merupakan aplikasi bawaan di smartphone.

Setelah atur alarm di ponsel, kamu sudah berhasil mengubah HP kamu jadi smart alarm berbiaya rendah.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengubah HP lawas kamu menjadi Smart Display yang menampilkan berbagai informasi seperti cuaca dan kalender.

Caranya, kamu bisa menambahkan widget cuaca, widget jam, dan bahkan mungkin widget kalender ke layar beranda. Lalu, atur waktu tidur layar di ponsel kamu jadi nonaktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.