Sukses

Fitur di HP Android Ini Bikin Belajar Matematika dan Fisika Lebih Gampang!

Google memperkenalkan fitur baru Circle to Search yang dapat membantu siswa belajar Matematika dan Fisika dengan memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk menjawab soal.

Liputan6.com, Jakarta - Google memperkenalkan fitur baru Circle to Search dalam ajang Google I/O 2024 semalam, dan digadang-gadang dapat membantu siswa belajar.

Adapun fitur baru Circle to Search ini dapat memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk menjawab soal fisika dan matematika.

"Mereka hanya perlu mengaktifkan fitur Circle to Search dengan menekan lama tombol beranda atau bilah navigasi, lalu melingkari soal," kata Google.

Namun, raksasa mesin pencari tersebut juga menjelaskan beberapa soal matematika mengharuskan pengguna untuk mendaftar ke fitur eksperimental Search Labs Google.

Perusahaan mengatakan, fitur baru ini dapat terwujud berkat rangkaian model AI anyar bernama LearnLM yang secara khusus dibuat dan disesuaikan untuk belajar.

Karena masih baru diumumkan, mereka berencana untuk melakukan penyesuaian dan berencana untuk meluncurkan versi lebih baik pada akhir tahun ini.

Google mengklaim, versi yang ditingkatkan ini nantinya dapat memecahkan masalah lebih kompleks.

"Circle to Search nanti bisa menyelesaikan soal lebih kompleks melibatkan rumus simbolik, diagram, grafik, dan banyak lagi," tutur perusahaan.

Google merilis Circle to Search awal tahun ini di acara Samsung Galaxy Unpacked 2024, dan awalnya hanya tersedia di Google S24 series.

Selang beberapa minggu kemudian, fitur tersebut juga tersedia di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Sekarang, fitur Circle to Search juga tersedia untuk perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy S23, Galaxy S22, Galaxy Z Fold, Galaxy Z Flip, Pixel 6, dan Pixel 7.

Rencananya, fitur AI besutan Google ini juga akan tersedia di lebih banyak HP Android lainnya di masa mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chatbot Gemini

<p>Mengenali salah satu landmark Singapura, Fort Canning Tree Tunnel, yang jadi tujuan turis mancanegara dengan Circle To Search with Google milik Samsung Galaxy S24 Ultra. (Liputan6c.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Perusahaan juga telah mengungkap, deretan perangkat yang dapat mendukung asisten chatbot Gemini untuk Android kini dapat menampilkannya sebagai overlay di atas aplikasi sedang dibuka.

Pengguna kemudian dapat menarik dan melepas gambar langsung dari menu pop-up ke aplikasi seperti Gmail, misalnya, atau menggunakan jendal pesan untuk mencari informasi tanpa harus menggeser layar dari apa pun yang sedang mereka lakukan.

Mereka dapat mengetuk "Ask this video" atau "Tanyakan video ini" untuk menemukan informasi spesifik dalam video YouTube terbuka.

Bagi pengguna akun Gemini Advanced, mereka dapat menggunakan opsi "Ask this PDF" atau "Tanyakan PDF ini" untuk menemukan informasi dari dalam dokumen panjang.

 

3 dari 3 halaman

Gemini Nano

Google perkenalkan Project Astra di acara Google I/O (Liputan6.com/Robinsyah Aliwafa Zain)

Google juga meluncurkan kemampuan multimodal ke Nano, model terkecil di keluarga Gemini berkemampuan memproses informasi di perangkat.

Gemini Nano versi baru ini dapat memproses pemandangan, suara, dan bahasa lisan, akan hadir di layar Google TalkBack akhir tahun ini.

Gemini Nano akan memungkinkan TalkBack mendeskripsikan gambar di layar dengan lebih cepat, dan tanpa koneksi internet.

Terakhir, Google saat ini sedang menguji fitur Gemini Nano mampu mengingatkan pengguna saat panggilan sedang berlangsung jika mendeteksi pola percakapan umum terkait dengan penipuan.

Pengguna akan diberi tahu, misalnya, jika mereka berbicara dengan seseorang menanyakan PIN atau kata sandinya atau seseorang meminta mereka membeli kartu hadiah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini