Sukses

Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S22 Kebagian Update One UI 6.1, Ini Deretan Fitur Barunya!

Samsung mulai meluncurkan pembaruan One UI 6.1 ke Galaxy S21 dan Galaxy S22 secara global.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung mulai meluncurkan pembaruan One UI 6.1 ke Galaxy S21 dan Galaxy S22 secara global. 

Update One UI tersebut sebelumnya diluncurkan di Korea Selatan, dan terbilang wajar karena perusahaan biasanya meluncurkan pembaruan terlebih dahulu di negara asalnya. Kendati demikian, pembaruan itu tidak membutuhkan waktu lama untuk diluncurkan secara global.

Dikutip dari Android Headlines, Selasa (14/5/2024), pembaruan ini berukuran cukup besar, yakni 3GB (tergantung model ponsel).

Update yang diterima Galaxy S22 dikabarkan bakal mendapatkan semua fitur yang dimiliki di Galaxy S24. Perusahaan sebelumnya mengatakan bahwa flagship keluaran 2022 itu tidak akan mendapatkan fitur Instant Slo-mo, Lockscreen Wallpaper Weather Effects, dan Super HDR. Sebagai informasi, Galaxy S23 juga tidak mendapatkan dua fitur terakhir.

Di sisi lain, Galaxy S21 dikabarkan hanya mendapatkan beberapa fitur AI yang dimiliki oleh Galaxy S24. Moderator Samsung Community Forum baru-baru ini mengatakan bahwa flagship 2021 itu akan memiliki fitur Circle to Search dan Chat Assist.

Ponsel ini mungkin mendapatkan perubahan dan peningkatan One UI 6.1 lainnya. Meski begitu, masih belum jelas apakah pembaruan ini juga membawa patch keamanan bulan Mei ke perangkat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy A53, A54, dan S21 FE Bakal Segera Kebagian Update One UI 6.1

Tak hanya seri flagship lama, Samsung juga dikabarkan bakal merilis pembaruan One UI 6.1 ke perangkat mid-range mereka.

Mengutip informasi dari Sammobile, Senin (6/5/2024), update One UI 6.1 kali ini dijadwalkan meluncur untuk lini smartphone rilisan lebih lawas yakni Galaxy A53 dan Galaxy S21 FE yang diperkenalkan di 2022. Lalu, ada Galaxy A54 yang rilis tahun lalu.

Disebutkan, One UI 6.1 untuk ketiga smartphone tersebut akan hadir untuk pengguna di Kanada pada 14 Mei 2024. Dengan informasi ini, ada kemungkinan wilayah lain akan mendapatkan update lebih cepat atau lambat dari tanggal tersebut.

Alasannya, pengguna di wilayah Eropa biasanya mendapatkan update lebih cepat dari Kanada, termasuk Asia. Namun setidaknya dengan bocoran ini, informasi soal kehadiran One UI terbaru di perangkat lain mulai bisa diperkirakan.

3 dari 4 halaman

Samsung Kembali Hadirkan Proteksi Burn In OLED di One UI 6.1

Di sisi lain, One UI 6.1 menghadirkan beberapa fitur anyar, termasuk proteksi burn-in. 

Sesuai namanya, proteksi ini hadir untuk melindungi kemungkinan terjadinya burn-in di layar OLED. Namun di One UI 6, Samsung diketahui sempat menghapus sebagian kemampuan perlindungan burn-in di OLED.

Adapun cara kerja fitur ini adalah menggeser sedikit posisi ikon di bilah status untuk mencegah layar mengalami kondisi burn-in ketika dipakai dalam penggunaan jangka panjang.

Sebenarnya, di update sebelumnya, fitur ini tidak sepenuhnya hilang, karena Samsung masih melakukannya pada bilah navigasi di bagian bawah layar dan ketika Always-On Display aktif. Namun dengan update ini, kemampuan tersebut kembali hadir di bilah status.

Hanya untuk sekarang, kehadiran fitur ini baru diuji di Galaxy S23. Belum diketahui, apakah perangkat lain yang mendapatkan One UI 6.1 juga menerima fitur ini, tapi hampir dipastikan Samsung juga akan membawanya ke perangkat lain.

4 dari 4 halaman

Samsung Mulai Uji Coba One UI 7 di Galaxy S24

Sementara itu, Samsung dilaporkan tengah menguji antarmuka terbarunya, One UI 7, meski perusahaan asal Korea Selatan itu juga masih mengembangkan dan memperbarui One UI 6.1 ke sejumlah produk lawas mereka.

Berdasarkan laporan dari SamMobile, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Sabtu (11/5/2024), firmware baru dengan nomor versi S928BXXU2BXE2 dan S926BXXU2BXE1 baru saja muncul di server Samsung di Eropa.

Menurut laporan tersebut, nomor versi yang ditemukan itu digadang-gadang merupakan pembaruan awal One UI 7. Sebab, huruf keempat dari kanan sudah berubah dari A menjadi B, yang menandakan versi One UI terbaru itu mulai diuji coba.

Laporan tersebut juga menyebut kalau update One UI itu mulai diluncurkan di lini Samsung Galaxy S24.

Ini terlihat dari empat kode awal dari nomor versi S928BXXU2BXE2 yang merujuk pada Galaxy S24 Ultra, serta S926BXXU2BXE1 yang merujuk pada Galaxy S24+.

Kendati demikian, masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang akan dipersiapkan Samsung dalam pembaruan One UI 7 tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.