Sukses

Cara Maksimalkan Fitur Galaxy AI di HP Samsung untuk Pengalaman Mobile Lebih Praktis

Berikut cara memaksimalkan fitur Galaxy AI di HP Samsung. Dijamin aktivitas harian kamu jadi lebih mudah, praktis, dan seru.

Liputan6.com, Jakarta - Kali pertama hadir di Galaxy S24 series, kini fitur Galaxy AI berbasis kecerdasan buatan menyambangi sejumlah smartphone flagship Samsung lainnya.

Antara lain Galaxy S23 series serta smartphone layar lipat Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 series. Tak hanya itu, Galaxy AI juga hadir di perangkat tablet Galaxy Tab S9 series.

Bicara soal Galaxy AI, fitur cerdas ini diyakini bisa memudahkan pengguna dalam menjalani keseharian, jika dimaksimalkan dengan baik dan tahu triknya,

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan Samsung telah merancang fitur-fitur AI di Galaxy S24 Series agar bisa memahami kebutuhan preferensi pengguna sepenuhnya untuk menjadikan keseharian mereka lebih praktis.

"Pengguna bisa bebas utak atik fungsi-fungsi Galaxy AI untuk mendapatkan pengalaman mobile AI yang lebih mudah," kata Verry dalam Galaxy AI Workshop di Ubud, Bali, belum lama ini.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, cek tiga rahasia kustomisasi fitur-fitur Galaxy AI di HP Samsung Galaxy yang sudah kebagian fitur ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Atur Circle to Search dengan Navigasi Sesuai Keinginan

Circle to Search with Google memungkinkan pengguna mencari informasi dari apa pun tampilan yang muncul pada layar smartphone tanpa memikirkan keyword untuk diketik di search bar. 

Salah satu contoh penggunaannya, misalnya kamu sedang scrol TikTok dan melihat outfit yang menarik perhatian. Kamu yang kepo dengan outfit tersebut melalui Circle to Search with Google. 

Tapi kadang karena objeknya terlalu kecil, hasil pencariannya kurang tepat. Untuk mengatasinya, kamu bisa perbesar ukuran objek dengan gesture dua jari yang biasa dipakai untuk zoom in dan zoom out. 

Dengan begitu, lingkaran pencarian akan terfokus pada objek tersebut dan hasil pencarian jadi lebih akurat. Fungsi ini bisa diterapkan karena saat home button ditekan lama untuk mengaktifkan Circle to Search with Google, Galaxy S24 Series akan otomatis membuat screenshot dari layar. 

Pengguna juga tak perlu khawatir kalau objek yang ingin dicari tahu tertutup sebagian oleh search bar. 

Karena, kamu bisa memindahkan search bar ke posisi yang lebih ideal yang membuat kamu leluasa melingkari objek yang ingin dicari. Caranya, hanya perlu drag ikon search baru pada tampilan layar ke mana pun yang diinginkan. 

3 dari 5 halaman

Fitur Tersembunyi di Photo Assist

Photo Assist di Galaxy S24 memungkinkan pengguna untuk edit konten lebih advanced yang sebelumnya sulit dilakukan di smartphone. Jadi bisa lebih praktis dan instan saat mau posting foto terbaik ke medsos. 

Salah satu fitur editing berbasis AI tersembunyi adalah Photo Remaster pada Edit Suggestions. Photo Remaster ini mampu menyempurnakan warna, kontras, saturasi hingga ketajaman foto secara otomatis. 

Caranya, buka foto yang ingin diedit melalui Samsung Gallery, ketuk ikon i di bawah tampilan layar atau geser layar ke atas. Kemudian, akan ada opsi Remaster. 

Setelah pilih Remaster, AI akan langsung menganalisis foto dan menyempurnakannya, semudah itu. Dengan begitu, pengguna tak perlu repot mengedit secara manual untuk mendapatkan kualitas foto yang diinginkan. 

Selain Remaster, ada fitur tersembunyi lain yang juga bisa bikin konten lebih epic untuk diunggah di medsos, yakni fitur 24 hour time lapse. Penting dicatat, rekomendasi untuk 24 hour time lapse dari Edit Suggestions ini tak selalu ada di setiap foto. 

Verry mengatakan, rekomendasi pengeditan ini ada untuk foto pemandangan seperti langit, perairan, pegunungan, atau cityscape. 

Kalau memang di foto yang kamu pilih ada rekomendasi 24 hour time lapse, di situ AI akan menyulap foto yang sifatnya still atau diam menjadi foto time lapse dari cahaya terang hingga gelap layaknya malam hari. Caranya, pada foto yang diinginkan, tap ikon i atau geser layar ke atas, lalu pilih opsi edit 24 hour time lapse. 

 

4 dari 5 halaman

Komunikasi Lintas Bahasa dengan Live Translate

Fitur Live Translate di Galaxy S24 Series memiliki 13 pilihan bahasa yang dapat dipilih untuk menerjemahkan sambungan telepon dan pesan teks sesuai kebutuhan. 

Untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan orang di luar negeri yang kerap dihubungi, S24 series memungkinkan pengguna membuat preset bahasa ke kontak-kontak yang diinginkan. 

Jadi, pengguna tak perlu repot bolak-balik memilih pengaturan bahasa saat ingin menelepon  atau kirim pesan ke kontak yang bersangkutan. Caranya:

- Buka Settings

- Pilih Advanced Features

- Pilih Advanced Intelligence

- Pilih Phone untuk masuk ke menu pengaturan Live Translate

- Pada opsi Live Translate, pilih Language dan voice preset for each person

- Pilih Add number or contact, tentukan kontak yang diinginkan dan bahasa yang akan digunakan, lalu klik Ok.

Fitur Live Translate juga memungkinkan kamu memilih suara penerjemah yang dihasilkan, apakah itu suara laki-laki atau perempuan. 

5 dari 5 halaman

Infografis Sederet Aturan Koper Pintar Masuk Kabin Pesawat. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini