Sukses

5 Negara Ini Punya Alasan Unik Tak Punya Bandara, Begini Cara Keluar Masuknya

Dari Monako hingga Andorra, negara-negara ini tak punya bandara karena alasan uniknya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika berpikir tentang bepergian jauh ke luar kota atau ke luar negeri, bandara pasti akan terlintas di benak kita sebagai titik awal petualangan. Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa negara yang tidak memiliki bandara sama sekali?

Bandara akan menjadi titik awal perjalanan kita ketika akan bepergian jauh, terutama jika ke luar negeri. Menggunakan pesawat akan lebih efisien karena memakan waktu yang relatif singkat ketimbang mode transportasi yang lain. Tetapi, bagaimana orang akan keluar masuk negara jika tak ada bandara?

Ada tempat-tempat unik yang ada di bumi tempat kita tinggal. Dari pulau-pulau kecil hingga negara-negara kecil, masing-masing tempat ini memiliki daya tarik tersendiri dan alasan mengapa tidak memiliki bandara.

Kita akan menelusuri mengapa negara-negara tersebut tidak memiliki bandara, cara orang keluar masuk, dan kisah menarik di baliknya. Uniknya, meski tidak ada landasan pacu, perjalanannya tetap akan menjanjikan penuh kejutan.

Percaya atau tidak, berikut ini 5 negara yang tidak punya bandara dengan alasan unik, dilansir Liputan6.com dari India Times, Kamis (9/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kota Vatikan

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia dengan populasi sekitar 800 penduduk. Dengan luas 109 hektar, negara ini tak punya cukup ruang untuk pendaratan pesawat. Selain itu, tidak ada sungai atau perairan untuk memfasilitasi transportasi alternatif.

Meski Vatikan tak punya bandara sendiri, letaknya yang sangat dekat dengan Roma, ibukota Italia, mempermudah perjalanan wisatawan. Roma memiliki dua bandara internasional.

Bandara terdekat dengan negara ini, yaitu Fiumicino dan Ciampino, yang dapat dicapai dalam waktu kurang dari 30 menit dengan kereta api. Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino Roma hanya berjarak sekitar 30 km dari perbatasan Kota Vatikan.

3 dari 6 halaman

2. Monako

Monaco, negara terkecil kedua di dunia setelah Kota Vatikan yang terletak di Riviera Perancis di Eropa Barat, berbatasan dengan Perancis di tiga sisi dan tidak memiliki bandara sendiri.

Luas wilayah Monako sekitar 0,78 mil persegi dan jumlah penduduknya mencapai 38.400 jiwa pada tahun 2016. Jika Anda berencana mengunjungi Monako, Anda harus naik taksi atau naik perahu setelah tiba di Bandara Nice Côte d'Azur di Prancis.

Ini adalah perjalanan singkat, dan dalam waktu dekat, Anda akan siap menjelajahi keindahan dan kegembiraan Monaco.

4 dari 6 halaman

3. Liechtenstein

Liechtenstein adalah salah satu negara terkecil di dunia yang terletak di Eropa tengah yang dikelilingi oleh Austria di utara dan timur serta Swiss di selatan dan barat. Liechtenstein tidak datar seperti beberapa negara lain—lebih berbukit. Dengan kelilingnya yang hanya mencapai 75 km, tidak banyak ruang untuk bandara.

Bahkan jika Liechtenstein menginginkannya, wilayah tersebut mungkin harus meluas hingga ke Sungai Rhine di timur dan hingga pegunungan Austria di barat. Untuk menghindari potensi konflik dengan negara tetangga, Liechtenstein memutuskan untuk tidak memiliki bandara.

Sebaliknya, penduduk setempat mengandalkan mobil atau bus untuk mencapai Bandara Zürich di Swiss, yang berjarak sekitar 120 km.

5 dari 6 halaman

4. Andorra

Kerajaan Andorra, meski tidak sekecil beberapa negara lain, menghadapi tantangan unik: wilayah pegunungannya. Terletak di antara Perancis dan Spanyol, Andorra sepenuhnya dikelilingi oleh Pegunungan Pyrenees, dengan ketinggian puncak mencapai hampir 3000 meter.

Menerbangkan pesawat di medan terjal seperti itu bisa berbahaya dan sulit, sehingga Andorra mengambil keputusan untuk tidak memiliki bandara sendiri.

Tapi jangan khawatir untuk sampai ke sana! Anda masih dapat terbang ke kota-kota terdekat seperti Barcelona, ​​​​Lérida, atau Girona, semuanya dalam radius 200 km, lalu menuju Andorra dengan sarana transportasi lain.

6 dari 6 halaman

5. San Marino

San Marino, salah satu negara bagian tertua di dunia dengan populasi sekitar 1.000 orang, terletak di dekat Kota Vatikan dan dikelilingi sepenuhnya oleh Italia. Karena kecil dan terkurung daratan, San Marino tidak memiliki bandara sendiri.

Tapi jangan khawatir, perjalanannya mudah karena medannya yang datar dan jalan yang terhubung dengan baik menuju Italia. Jika Anda terbang, bandara terdekat ada di Rimini, Italia.

Meskipun kecil, ini adalah pilihan yang nyaman bagi wisatawan yang menuju San Marino. Bandara terdekat lainnya seperti Florence, Bologna, Venesia, dan Pisa juga merupakan pilihan populer bagi pengunjung. Jadi meski tanpa bandara sendiri, menuju San Marino sangatlah mudah dan tidak repot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.