Sukses

Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli, Pahami Karakteristiknya

Liputan6.com, Jakarta Memahami jenis penelitian kualitatif adalah riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Data yang diperlukan pada jenis penelitian kualitatif adalah berasal dari proses wawancara dan mengolah dokumen yang ada. Bagaimana jenis penelitian kualitatif menurut para ahli?

Para ahli sepakat, pada jenis penelitian kualitatif adalah peneliti menjadi instrument kunci, kemudian teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisa data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian menekankan pada makna dibandingkan generalisasi. Ini mengapa jenis penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif.

“Memahami jenis penelitian kualitatif adalah menjabarkan serta menganalisa baik fenomena, kejadian, kegiatan sosial, sikap kepercayaan, pandangan, serta pemikiran orang baik secara individu maupun kelompok,” dijelaskan ahli dalam bidang ini Nana Syaodih Sukmadinata (2005: 60).

Pada jenis penelitian kualitatif, kebenaran itu bersifat dinamis dan dapat ditemukan melalui kajian mendalam atau menghadapinya secara langsung. Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas tentang jenis penelitian menurut para ahli dan karakteristiknya, Selasa (28/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

1. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Bogdan & Biklen, s (1992: 21)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah langkah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau ucapan, serta perilaku orang yang diamati. Jenis penelitian kualitatif adalah bertujuan mendapatkan pemahaman yang bersifat umum terhadap kenyataan sosial dari sudut pandang partisipan.

2. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Moloeng, (2007: 6)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah penelitian dengan tujuan untuk memahami fenomena mengenai apa yang dialami subyek penelitian secara menyeluruh dengan cara deskripsi. Entah dalam bentuk kata-kata serta bahasa, pada konteks khusus yang dialami serta dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.

3. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Strauss dan Corbin (Cresswell j, 1998: 24)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah menghasilkan penemuan, di mana penemuan tersebut tidak dapat dicapai dengan langkah-langkah statistik atau cara lain dari kuantifikasi atau pengukuran. Jenis penelitian kualitatif adalah bisa dipakai untuk meneliti tentang kehidupan sosial, sejarah, perilaku, dll.

4. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Sugiono (2012: 9)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah didasarkan pada filsafat postpositivisme, yang mana digunakan untuk meneliti kondisi objek alamiah. Di sini posisi peneliti sebagai instrument kunci, kemudian teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisa data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian menekankan pada makna dibandingkan generalisasi.

5. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Nasution (2003: 5)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah mengamati orang dalam lingkungan, melakukan interaksi dengan mereka, serta menafsirkan pendapat mereka mengenai dunia disekelilingnya.

6. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2005: 60)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah menjabarkan serta menganalisa baik fenomena, kejadian, kegiatan sosial, sikap kepercayaan, pandangan, serta pemikiran oranf baik secara individu maupun kelompok.

3 dari 5 halaman

Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli Selanjutnya

7. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Perreault dan McCarthy (2006: 176)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah bertujuan untuk menggali informasi secara dalam dan terbuka pada berbagai tanggapan. Jenis penelitian kualitatif adalah mencoba untuk mengemukakan berbagai pikiran mereka tentang suatu topik tanpa memberikan banyak pedoman atau arahan pada mereka.

8. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Koentjaraningrat (1993: 89)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah desain penelitian yang memiliki tiga format. Ketiga format tersebut meliputi penelitian deskriptif, verifikasi dan format Grounded research. 

Jenis penelitian kualitatif adalah salah satu penelitian yang lebih cocok digunakan untuk penelitian yang tidak berpola. Karena berpola, kamu bisa menggunakan desain ini untuk membantu dalam penelitian. 

9. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut David Williams (1995)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah upaya peneliti mengumpulkan data yang didasarkan pada latar alamiah. Tentu saja, karena dilakukan secara alamiah atau natural, hasil penelitiannya pun ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. 

10. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Saryono 

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah untuk menyelidiki, menemukan dan menggambarkan objek yang diteliti. Selain itu, dapat digunakan untuk menjelaskan atau menuliskan keistimewaan dari pengaruh sosial yang kemudian dijelaskan dan diukur menggunakan pendekatan kuantitatif. 

11. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Danim (2002)

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah termasuk konstruktivisme yang beranggapan bahwa realita memiliki dimensi jamak dan interaktif. Dapat pula diartikan sebagai upaya pertukaran pengalaman sosial yang dapat didevinisikan lewat hasil penelitian.

Jenis penelitian kualitatif adalah beranggapan bahwa kebenaran itu bersifat dinamis dan dapat ditemukan melalui kajian terhadap orang melalui interakasi ataupun lewat situasi sosial. 

12. Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Creswell, J. W

Memahami jenis penelitian kualitatif adalah digunakan untuk meneliti masalah manusia dan sosial. Di mana peneliti akan melaporkan dari hasil penelitian berdasarkan laporan pandangan data dan analisa data yang didapatkan di lapangan, kemudian di deskripsikan dalam laporan penelitian secara rinci. 

4 dari 5 halaman

Karakteristik Jenis Penelitian Kualitatif

Memahami karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah bisa memudahkan calon penelitian mulai menentukan arah penelitian yang akan dilakukan. Ini penjelasan karakteristik jenis penelitian kualitatif, melansir situs tempat para peneliti atau mahasiswa belajar ilmu statistik melalui statistikan.com:

1. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah menggunakan pola berpikir induktif (empiris-rasional atau bottom-up).

2. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah tidak menggunakan rancangan penelitian yang baku. Rancangan penelitian berkembang selama proses penelitian.

3. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah ditujukan untuk memahami, mencari makna di balik data, menemukan kebenaran, baik kebenaran empiris sensual, empiris logis, dan empiris logis.

4. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah subjek yang diteliti, data yang dikumpulkan, sumber data yang dibutuhkan, dan alat pengumpul data bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

5. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah pengumpulan data dilakukan atas dasar prinsip fenomenologis. Memahami secara mendalam gejala atau fenomena yang dihadapi peneliti.

6. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah peneliti berfungsi pula sebagai alat pengumpul data sehingga keberadaanya tidak terpisahkan dengan apa yang diteliti.

7. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah analisis data dapat dilakukan selama penelitian sedang dan telah berlangsung.

8. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah pada hasil penelitian berupa deskripsi dan interpretasi dalam konteks waktu serta situasi tertentu.

9. Karakteristik jenis penelitian kualitatif adalah dianggap sebagai penelitian alamiah atau inquiri naturalistik.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif

Jenis-jenis penelitian kualitatif lebih kurang ada sebelas yang umum digunakan dan wajib diketahui. Ini penjelasannya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Dasar (Basic Research)

Jenis penelitian ini bertujuan mengetahui sesuatu yang dibuktikan dalam bentuk riset tanpa memerhatikan manfaat bagi masyarakat. Penelitian ini dikerjakan tanpa memikirkan ujung praktis. Itulah mengapa penelitian ini tidak untuk digunakan khalayak umum.

2. Etnografi

Penelitian ini digunakan untuk mengungkap makna sosio-kultural dengan cara mempelajari pola hidup dan interaksi antar-kelompok sosio-kultural (culture-sharing group) tertentu di sebuah ruang atau konteks yang spesifik.

3. Terapan (Applied Research)

Pada jenis penelitian ini hasil hasilnya bukan berupa ilmu baru, namun condong pada aplikasi baru yang merupakan penerapan dari ilmu murni.

4. Studi Kasus

Penelitian studi kasus adalah penelitian berdasar kejadian yang sudah terjadi. Penelitian ini mempelajari interaksi antar variabel satu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari bagaimana suatu kejadian bisa terjadi secara sistematis pada kurun waktu yang cukup lama.

5. Evaluasi (Evaluation Research)

Selanjutnya, penelitian ini dilakukan setelah ada penelitian lain dan dilaksanakan dalam bentuk penelitian baru. Penelitian ini adalah jenis turunan dari penelitian terapan.

6. Tindakan

Penelitian tindakan mempraktikkan ilmu dalam tindakan nyata agar mengetahui respon pada situasi di lapangan.

7. Naratif

Jenis penelitian naratif adalah jenis penelitian yang dijabarkan langsung secara lisan dengan mengatakan atau menceritakan mengenai isi penelitian. Penelitian ini dikumpulkan dengan cara diskusi, percakapan, atau wawancara.

8. Historis

Jenis penelitian kualitatif historis lebih menekankan pada masalah sejarah. Fokusnya ada pada peristiwa yang sudah berlalu dan direkonstruksi lagi dengan sumber data dan saksi yang masih ada sampai saat ini.

9. Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis penelitian yang tujuannya menemukan ilmu pengetahuan baru atau terapan, serta masalah-masalah baru dalam bidang pendidikan.

10. Deskriptif

Penelitian Deskriptif adalah jenis penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu masalah. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara akurat dan sistematis.

11. Verifikasi

Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan menguji kebenaran ilmu-ilmu di dalam bidang pendidikan yang sudah ada, seperti konsep, prinsip, prosedur, dalil maupun praktek pendidikan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS