Sukses

14 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan, Cegah Penuaan dan Batu Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air kelapa tidak hanya sekadar untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa mengatasi gejala dehidrasi ringan, konsumsi air kelapa juga dapat mencegah penuaan dini hingga terjadinya penyakit batu ginjal.

Air kelapa hijau memiliki ciri khas rasa lebih asam dan menyegarkan dibanding air kelapa biasa, daging buahnya juga lebih manis. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan yang terdapat di dalam air kelapa hijau antara lain adalah vitamin C, kalium, antioksidan, serta mineral seperti kalsium dan magnesium. Namun, bagi penderita ginjal air kelapa hijau perlu untuk dihindari pasalnya kandungan kalium dalam air kelapa hijau sangat tinggi.

Berikut ini beberapa manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Cegah Batu Ginjal

1. Menurunkan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung

Manfaat air kelapa hijau yang pertama adalah menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Air kelapa dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa hijau dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan manfaat air kelapa hijau diyakini efektif untuk mencegah batu ginjal.

 

 

 

 

 

 

3 dari 9 halaman

Sehatkan Pencernaan dan Melancarkan Metabolisme

3. Sehatkan Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang sehat bisa didapatkan dengan manfaat air kelapa hijau. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Ketika mengatasi masalah diare, air kelapa hijau bekerja dengan menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikannya mempunyai osmolaritas tinggi. Air kelapa hijau mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

4. Melancarkan Metabolisme

Menjaga laju metabolisme tubuh tetap stabil tidak hanya dengan menerapkan gaya hidup lebih sehat. Mengandalkan manfaat air kelapa hijau bisa dijadikan salah satu solusinya. Air kelapa hijau dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini membuatnya mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

 

4 dari 9 halaman

Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Cegah Diabetes

5. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dapat terhindar dari berbagai masalah penyakit bisa dengan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Pemantiknya dapat mengandalkan manfaat air kelapa hijau. Air kelapa hijau kaya senyawa fenolik, merupakan senyawa antioksidan yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas. Senyawa ini diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh. Terdapat pula kandungan vitamin dan mikronutrien, seperti zink, tembaga, mangan, dan selenium. Senyawa ini dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

6. Mencegah Diabetes

Dihadapkan dengan masalah diabetes memang cukup mengkhawatirkan. Namun menurut beberapa penelitian, manfaat air kelapa hijau bisa digunakan untuk mencegah diabetes. Ada beberapa penelitian yang dilakukan dan menunjukan air kelapa hijau dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Hal ini yang menjadikan manfaat air kelapa hijau dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes. Air kelapa hijau pun mengandung pemanis alami, menikmatinya tidak perlu dengan tambahan gula. Terdapat pula kandungan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dapat dikontrol.

 

5 dari 9 halaman

Menghidrasi Tubuh dan Mengontrol Tekanan Darah

7. Menghidrasi Tubuh

Manfaat air kelapa hijau yang tidak perlu diragukan lagi adalah kemampuannya menghidrasi tubuh. Air kelapa hijau memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh manusia loh. Terbukti terdapat kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau yang sangat tinggi. Elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas. Selain elektrolit, terdapat pula potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Air kelapa dikenal sebagai cairan yang sangat mudah diserap tubuh. Cocok untuk menghidrasi tubuh.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Kontrol tekanan darah memang paling efektif dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Salah satunya dengan mengonsumsi air kelapa hijau. Manfaat air kelapa hijau dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Terdapat kandungan kalium yang tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

 

6 dari 9 halaman

Menetralisir Racun dan Menurunkan Berat Badan

9. Menetralisir Racun

Jarang sekali yang memperhatikan racun yang mengintai kesehatan tubuh secara tidak langsung. Padahal racun ini bisa muncul dari lingkungan dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Manfaat air kelapa hijau dapat membantu menetralisir racun dalam tubuh dengan mudah. Air kelapa hijau mengandung zat antiracun, berbagai elektrolit, dan antioksidan yang cukup efektif menetralisasi racun yang ada di dalam tubuh. Banyak orang yang rutin melakukan aktivitas yang memerlukan tenaga ekstra seperti berolahraga, meminum minuman berenergi untuk menambah energi tubuh. Padahal untuk menggantikan energi yang hilang, manfaat air kelapa hijau bisa dijadikan pilihan.

10. Menurunkan Berat Badan

Menjaga berat badan agar tetap ideal memang susah-susah gampang. Namun siapa yang menyangkan jika manfaat air kelapa hijau bisa dijadikan solusinya. Manfaat air kelapa hijau berasal dari kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa sebagai obat penurun berat badan juga tidak menimbulkan efek samping apapun. Lebih baik mengkonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat-obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, seimbangkan dengan olahraga teratur agar lebih maksimal.

 

7 dari 9 halaman

Cegah Penuaan Dini dan Menjaga Kulit tetap Sehat

11. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan termasuk salah satu masalah yang sulit dikendalikan pria dan wanita. Apalagi kondisi lingkungan sudah sangat tidak bersahabat untuk menghindari masalah ini. Mulai dari paparan sinar matahari langsung, polusi, dan konsumsi makanan dengan asal-asalan.

Untuk bisa mencegah masalah penuaan dini, manfaat air kelapa hijau bisa dijadikan pilihan. Air kelapa hijau dapat menjadikan kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Manfaat air kelapa hijau ini berasal dari kandungan sitokinin (hormon pertumbuhan) yang dapat mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Sitokinin dalam air kelapa hijau mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

12. Menjaga Kulit

Manfaat air kelapa hijau bagi kulit sangat menakjubkan. Air kelapa hijau dapat menjaga elastisitas kulit dan melindunginya dari masalah radikal bebas. Hal ini dikarenakan pada air kelapa hijau terdapat banyak vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup sangat dibutuhkan oleh kulit untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas. Untuk bisa merasakan manfaat air kelapa hijau ini, minum paling tidak satu gelas dalam sehari agar 40 persen kebutuhan vitamin C harian dapat terpenuhi. Air kelapa juga bisa dijadikan alternatif untuk mencukupi tubuh dengan vitamin C apabila tidak suka buah asam.

 

8 dari 9 halaman

Mengurangi Rasa Nyeri Haid dan Menghalau Radikal Bebas

13. Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Senyawa yang terdapat pada air kelapa hijau ini mampu menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin adalah suatu zat yang menyerupai hormon yang bertugas untuk mendorong kontraksi pada otot tubuh. Contohnya saat seorang wanita mengalami keram perut karena haid, maka prostaglandin yang bertugas untuk memberikan sensasi sakit akibat kontraksi pada rahim. Minum air kelapa hijau dapat membantu mengurangi rasa sakitnya.

14. Menghalau Radikal Bebas

Selama proses metabolisme, tubuh juga menghasilkan sel-sel berbahaya seperti radikal bebas. Produksi sel ini bisa meningkat saat tubuh sedang stres atau sakit. Saat terlalu banyak kandungan radikal bebas, tubuh akan mencapai kondisi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat. Peneliti menemukan bahwa antioksidan yang terdapat pada manfaat air kelapa hijau untuk meredakan efek stres oksidatif ini sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya.

9 dari 9 halaman

Cara Mengonsumsi Air Kelapa yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan perhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kebanyakan air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan diberi perasa atau gula tambahan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan.

Anda bisa menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya. Namun, bila sudah dibuka, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut setidaknya dalam waktu 24 jam. Apabila Anda mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan keluhan Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS