Sukses

14 Jenis Kain untuk Membuat Kaus, Simak Perbedaannya

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam jenis kain yang umum digunakan untuk bahan dasar pembuatan kaus. Tiap jenis kain memiliki ciri khas yang berbeda-beda serta harga pasarannya juga bervariatif. Tingkat kenyamanan ketika digunakan juga menjadi salah satu faktor yang membuat tiap jenis kain punya penggemarnya sendiri.

Jika Anda sedang berencana membuat merek pakaian seperti kaus, maka penting setidaknya mengerti apa saja jenis kain yang biasa digunakan. Hal tersebut membantu untuk memperkirakan besaran harga dasar yang diperlukan dalam proses produksi.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja jenis kain yang umum digunakan dalam pembuatan kaus, Minggu (29/11/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Jenis Kain Combed dan Carded

1. Jenis Kain Combed

Jenis kain ini terbuat dari serat kapas murni. Jenis kain ini punya serat benang yang lebih halus dan rata sehingga tekstur kain ini lebih halus, dingin, nyaman, serta mampu menyerap keringat dengan lebih baik. Maka tidak heran jika jenis kain ini sangat nyaman dan tepat dipakai di wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Jenis kain combed sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasar jenis benang yang digunakan serta ketebalan kain atau gramasinya (gr/m2), antara lain combed 20s atau yang paling tebal; lalu combed 24s dengan ketebalan sedang; dan combed 30s dengan ketebalan paling tipis.

 

2. Jenis Kain Carded

Jenis kain carded dibuat dengan komposisi 100% serat kapas. Tesktur kain ini tidak sehalus combed. Hal ini karena proses pembuatan jenis kain ini hanya sampai tahap penggarukan atau carding. Maka tidak heran jika harga jenis kain ini relatif lebih murah dibandingkan cotton combed.

3 dari 8 halaman

Jenis Kain Cotton Bamboo dan Modal

3. Jenis Kain Cotton Bamboo

Jenis kain cotton bamboo merupakan jenis kain premium yang dibuat dengan serat campuran berupa 70% katun dan 30% serat bamboo.

 

4. Jenis Kain Cotton Modal

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat jenis kain ini juga dengan bahan dasar campuran. Jenis kain ini dibuat dari campuran serat cotton dan serat kayu (beechwood).

4 dari 8 halaman

Jenis Kain CVC Threetone, Twotone, dan Astro

5. Jenis Kain CVC Threetone & Twotone

Jenis kain CVC Threetone dibuat dari campuran serat katun dan polyester dengan 3 campuran warna yaitu warna dasar, putih dan hitam. Sedangkan CVC Twotone sama dibuat dari serat campuran, bedanya CVC Twotone hanya punya 2 campuran warna yaitu warna dasar dan warna putih

 

6. Jenis Kain CVC Astro

CVC Astro merupakan jenis kain dengan komposisi campuran serat katun dan polyester yang punya dua warna yaitu warna dasar dan warna putih disertai motif garis pada permukaan kainnya. Ketebalan jenis kain ini 30s dengan gramasi 140-150 gsm.

5 dari 8 halaman

Jenis Kain Cotton Slub dan CVC

7. Jenis Kain Cotton Slub

Kain Slub merupakan jenis kain kaos dari katun yang punya permukaan rajutan tebal dan menipis karena benangnya dengan gramasi 150-160 gsm dibuat dari bahan full cotton.

 

8. Jenis Kain CVC

Kain ini dibuat dari serat campuran cotton dan polyester. Jenis kain CVC campuran serat katunnya lebih banyak dibandingkan dengan polyster.

6 dari 8 halaman

Jenis Kain TC dan CVC Fuzy

9. Jenis Kain TC

TC atau teteron cotton merupakan jenis kain yang dibuat dari campuran serat katun dan polyester. Namun bahan TC punya campuran polyster lebih banyak dibandingkan dengan katun. Jenis kain TC umumnya digunakan untuk membuat kaus-kaus partai maupun jenis kaus yang dijual dengan harga murah

 

10. Jenis Kain CVC Fuzy

CVC fuzy sendiri adalah kain yang dibuat dari campuran serat cotton dan serat polyester dengan ketebalan 30s serta gramasi 140-150 gsm. Permukaan jenis kain ini sangat unik karena memiliki motif bulu halus, kainnya lembut serta bulu halusnya tidak menimbulkan gatal karena terbuat dari serat alami.

7 dari 8 halaman

Jenis Kain Cotton Galaxy dan Combed Pique Diamond

11. Jenis Kain Cotton Galaxy

Cotton galaxy merupakan jenis kain dari serat katun seluruhnya, dan memiliki permukaan yang unik karena punya bintik warna-warni.

 

12. Jenis Kain Combed Pique Diamond

Combed Pique Diamond adalah jenis kain kaos polo yang dibuat dengan bahan 100% katun. Kain Combed Pique Diamond punya rajutan padat dan berbentuk seperti segiempat atau belah ketupat.

8 dari 8 halaman

Jenis Kain CVC Pique Hexagob dan U.S. Pima Cotton

13. Jenis Kain CVC Pique Hexagon

Jenis kain ini dibuat dari serat campuran cotton dan polyester dengan ciri berupa corak rajutan berbentuk segienam. Pique hexagon umum digunakan membuat kaos polo dengan harga yang terjangkau dibanding kaos polo berbahan combed pique diamond. Sebab harga dari jenis kain CVC pique hexagon lebih murah.

 

14. Jenis Kain U.S. Pima Cotton

Jenis kain U.S. Pima Cotton atau yang dikenal juga dengan supima adalah bahan kaos yang dibuat dari 100% katun yang sangat langka. Sebab total produksi bahan katun yang digunakan hanya 1% dari seluruh produksi katun dunia

Bahan U.S. Pima Cotton banyak digunakan oleh brand pakaian dunia sebab bahannya sangat bagus dan punya 3 keunggulan utama yaitu serat lebih kuat, lebih lembut dan warna lebih cerah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS