Sukses

8 Macam-macam Planet Baru yang Ditemukan, Ada yang Bisa Dihuni

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam planet baru yang ditemukan kondisinya mirip dengan Bumi. Ada beberapa penemuan seputar galaksi, perjalanan ruang angkasa, dan lainnya tentang kehidupan di planet lain selain Bumi.

Penemuan planet baru cenderung menarik banyak perhatian banyak khalayak, terlebih macam-macam planet tersebut memiliki kelayakan huni seperti Bumi. Planet baru tersebut memiliki beberapa kemiripan dengan Bumi seperti bentuk dan permukaannya.

NASA mendeteksi kemungkinan adanya 219 planet baru. Terdapat sekitar 10 yang berukuran mirip dengan Bumi dan bisa dihuni. Berikut macam-macam planet baru yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/3/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

TOI 700 d

TOI 700 d merupakan satu dari macam-macam planet baru. Transiting Exoplanet Survey Satellite atau TESS telah menemukan planet eksoplanet yang berpotensi dihuni pertama kali. Seukuran dengan Bumi dan mengorbit bintang sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi, menurut badan tersebut.

Penemuan ini diumumkan pada pertemuan ke-235 American Astronomical Society pada Senin, 6 Januari 2020 di Honolulu. Planet ini adalah bagian dari sistem multi-planet di sekitar TOI 700, bintang kerdil yang berada di konstelasi Dorado.

Itu hanya sekitar 40% dari massa dan ukuran matahari kita, dengan setengah dari suhu permukaan. TOI 700 d merupakan satu dari tiga yang mengorbit bintang. Jaraknya tepat untuk mendukung air mencair di permukaan zona layak huni bintang.

Temuan ini menarik bagi para astronom karena ini adalah salah satu dari beberapa planet yang berpotensi dihuni, yang ditemukan di luar tata surya kita dan berukuran sebesar Bumi. TOI 700 d adalah yang terluar dari tiga planet, menyelesaikan satu orbit di sekitar bintang setiap 37 hari Bumi.

Dari bintangnya yang lebih kecil, planet ini menerima sekitar 86% energi yang disediakan matahari untuk Bumi. Planet ini dianggap terkunci secara tidal, artinya satu sisi selalu berada di siang hari.

3 dari 9 halaman

TOI 270 b

Adapun exoplanet terdekat dengan TOI 270 berukuran 25 persen lebih besar daripada Bumi dan permukaannya penuh batuan. Planet yang disebut super-Earth ini diberi nama TOI 270 b. Planet ini tidak bisa ada kehidupan manusia, sebab, menurut NASA, planet TOI 270 b sangatlah panas karena jaraknya yang dekat dengan pusat tata suryanya.

Exoplanet lain yang ditemukan NASA dengan bantuan teleskop adalah TOI 270 c dan TOI 270 d. Planet ini mirip dengan Neptunus yang didominasi oleh gas. Menurut NASA, penemuan exoplanet alias planet di luar tata surya kita ini baru permulaan.

"TOI 270 akan memungkinkan kita untuk mempelajari 'missing link' antara planet berbatu yang mirip Bumi dengan planet-planet Neptunus mini yang didominasi gas. Karena, semua tipe ini terbentuk dalam sistem yang sama," kata Penulis Utama dalam Makalah Nature Astronomy Maximilian Gunther.

4 dari 9 halaman

Trappist-1e

Trappist-1e merupakan satu dari macam-macam planet baru. Planet Trappist-1e lataknya cukup jauh, sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi. Menurut Habitability Catalague, ini merupakan planet ketiga yang paling berpotensi layak huni dan 95 persen kondisinya mirip dengan Bumi.

5 dari 9 halaman

Kepler-438b

Planet Kepler-438b juga merupakan macam-macam planet baru yang ditemukan oleg pesawat luar angkasa Kepler milik NASA. Para ilmuwan berpsekulasi bahwa ada cairan air di permukaan planet ini.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa planet ini menerima radiasi kuat dari cahaya matahari setiap 100 hari sekali. Hal inilah yang menjadikan alasan planet baru ini dapat dihuni. Selain itu, bentuk dan permukannya memiliki tingkat kemiripan 88 persen dengan Bumi.

6 dari 9 halaman

Proxima Centauri b

Proxima Centauri b juga merupakan macam-macam planet baru yang berada pada garis orbit bintang Proxima Centauri. Jarak planet ini sangat dekat dengan matahari. Namun, planet ini tidak layak dihuni karena keadaan di planet  cenderung gelap. Untuk tingkat kemiripannya dengan Bumi, sekitar 87 persen.

7 dari 9 halaman

EPIC 201238110.02

EPIC 201238110.02 merupakan planet yang belum lama ditemukan. Planet ini mirip Bumi yang merupakan satu-satunya terletak di zona habitasi bintang. Jaraknya sekitar 522 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di antara rasi bintang Leo dan Virgo.

8 dari 9 halaman

Wolf 1061c

Planet Wolf 1061c memiliki jarak sekitar 13,8 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini merupakan planet kelima yang diketahui paling potensial untuk dihuni layaknya di Bumi. Planet ini memiliki tingkat kemiripan 76 persen dengan plaet Bumi.

9 dari 9 halaman

Ross 128b

Planet ini merupakan planet terdekat di luar tata surya yang mengorbit di sekitar bintang merah yang tenang. Apabila planet ini memiliki atmosfer, suhunya cocok untuk menahan air di permukaan sehingga akan mirip dengan Bumi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS