Sukses

15 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin A, Penuhi Kebutuhan Harian

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang banyak mengandung vitamin A sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam menjaga penglihatan, pertumbuhan tubuh, fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan reproduksi.

Tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin A sendiri. Maka dari itu makanan yang banyak mengandung vitamin A penting untuk didapat. Makanan yang banyak mengandung vitamin A bisa berasal dari berbagai sumber.

Vitamin A1 juga dikenal sebagai retinol. Makanan yang banyak mengandung vitamin A1 hanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti ikan berminyak, hati, keju dan susu.

Selain itu, tubuh akan dapat menghasilkan vitamin A dari karotenoid yang ditemukan dalam tanaman. Makanan yang banyak mengandung vitamin A berupa karotenoid secara kolektif dikenal sebagai provitamin A.

Makanan yang banyak mengandung vitamin A dapat dengan mudah didapatkan sehari-hari. Berikut makanan yang banyak mengandung vitamin A yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/3/2020). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin A: Sumber hewani

Hati Sapi

Hati hewan adalah salah satu sumber terkaya vitamin A. Ini karena, seperti manusia, hewan menyimpan vitamin A di hati. 100 gram hati sapi mengandung 9,442 mikrogram vitamin A yang setara dengan 444 persen kebutuhan vitamin A.

Sebagai daging organ, hati kaya protein. Ini juga mengandung banyak nutrisi lain, termasuk tembaga dan vitamin B-2 dan B-12. Selain itu, hati adalah sumber zat besi, folat, dan kolin yang baik.

Minyak hati ikan cod

Hati ikan juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. dengan 1 sendok makan minyak ikan cod menyediakan 4.080 mcg, atau 272 persen dari kebutuhan harian. Minyak hati ikan kod juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik.

3 dari 8 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin A: Sumber hewani

Salmon

100 gram salmon mengandung 149 mcg atau setara dengan 17% kebutuhan harian vitamin A. Salmon kaya akan asam lemak omega-3 rantai panjang, yang telah terbukti mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi faktor risiko penyakit.

Keju

1 ons keju cheddar bisa mengandung 400 unit internasional (IU) vitamin A. Kandungan kalsium, protein, magnesium, seng, dan vitamin A, D, dan K dapat berkontribusi untuk perkembangan tulang pada anak-anak dan dewasa muda, dan pencegahan osteoporosis.

4 dari 8 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin A: Sayuran umbi

Ubi jalar

100 gram ubi jalar mengandung 14,187 IU vitamin A. Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Beta-karoten juga merupakan provitamin. Tubuh mengubahnya menjadi bentuk aktif vitamin A. Vitamin A juga bertindak sebagai antioksidan. Bersama dengan antioksidan lain, itu dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai kondisi kesehatan.

Wortel

Wortel mengandung 16,706 IU vitamin A atau setara 334% dari kebutuhan harian. Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kombinasi keduanya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, sejenis kehilangan penglihatan.

5 dari 8 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin A: Sayuran Hijau

Bayam

Bayam mengandung 2.813 unit internasional (IU) Vitamin A. Bayam kaya akan karoten, yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A. Bayam adalah sayuran yang sangat kaya nutrisi. Sayuran ini tinggi vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, dan kalsium. Bayam juga memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin.

Brokoli

Brokoli mengandung 11% kebutuhan harian vitamin A. Brokoli mengandung karotenoid seperti lutein, zeaxanthin, dan beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Brokoli juga mengandung berbagai vitamin B, seng, tembaga, selenium, dan berbagai antioksidan.

6 dari 8 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin A: Sayuran buah

Paprika merah

100 gram paprika merah mengandung 3,131 IU atau setara 62% kebutuhan harian vitamin A. Paprika merah kaya akan vitamin A (beta karoten), yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Paprika juga mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk capsanthin, violaxanthin, lutein, quercetin, dan luteolin.

Tomat

Tomat mengandung 1499 unit internasional (IU) vitamin A. Tomat mengandung karotenoid utama seperti lutein dan likopen. Ini dapat melindungi mata terhadap kerusakan akibat cahaya.

Labu kuning

Labu kuning mengandung 8,513 IU vitamin A dalam tiap 100 gram. Ini setara dengan 170% kebutuhan vitamin A. Selain dikemas dengan vitamin dan mineral, labu juga relatif rendah kalori, karena mengandung 94% air.

7 dari 8 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin A: Buah

Mangga

Mangga mengandung 1,082 IU vitamin A tiap 100 gram. Mangga merupakan sumber folat yang baik, vitamin B, serta vitamin C, K dan E. Bersama vitamin A semuanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Blewah

100 gram blewah mengandung 3,382 IU vitamin A. Sebuah studi awal menetapkan bahwa blewah memiliki jumlah beta-karoten yang sama dengan wortel. Setelah dimakan, beta-karoten diubah menjadi vitamin A. Beta-karoten bertindak sebagai antioksidan kuat untuk membantu melawan radikal bebas.

8 dari 8 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin A: Buah

Semangka

Semangka mengandung 569 IU di tiap 100 gramnya. Beta-karoten dalam semangka diubah tubuh menjadi vitamin A. Semangka juga sumber vitamin C yang baik dan mengandung jumlah kalium, tembaga, vitamin B5 yang cukup.

Pepaya

Pepaya mengandung 950 IU per 100 gram. Pepaya juga mengandung vitamin B, alfa dan beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K, dan likopen. Semuanya merupakan antioksidan kuat untuk mencegah berbagai penyakit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS