Sukses

Ini 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan, Cocok bagi Perempuan yang Ingin Hamil

Liputan6.com, Jakarta Durian dikenal sebagai raja dari buah-buahan. Di balik baunya yang menyengat dan kulitnya yang berduri, siapa sangka kalau ternyata durian memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat buah durian yang belum banyak diketahui adalah bisa meningkatkan kesuburan pada perempuan. 

Cara meningkatkan kesuburan bagi perempuan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti minum obat penyubur kandungan dan menjaga pola hidup tetap sehat. Ya, dengan menjaga asupan makanan menjadi salah satu faktor untuk menjaga kesuburan pada perempuan.

Menurut penelitian, sebab beberapa makanan mendukung untuk menyeimbangkan hormon perempuan. Nah, ternyata durian diketahui memiliki manfaat untuk meningkatakan kesuburan perempuan.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berberapa sumber tentang manfaat durian untuk meningkatkan kesuburan, Senin (17/6/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Meringankan Gejala PCOS

Penyakit Polycystic Ovarian Syndrome atau PCOS bisa menyebabkan masalah kesuburan pada wanita. PCOS ini terjadi pada perempuan yang memiliki hormone androgen yang lebih banyak dari seharusnya.

Biasanya, perempuan dengan kondisi ini memiliki hirsutism, yaitu pertumbuhan rambut yang berlebihan pada wajah dan tubuh, cenderung memiliki wajah yang berminyak sehingga lebih mudah muncul jerawat, dan berat badan berlebih.

Nah, bila masalah ini tidak kamu atasi, maka akan rentang memicu resistensi insulin yang bisa menyebabkan diabetes dan ketidaksuburan. Kondisi inilah yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan sangat sulit untuk hamil.

Kandungan anti radang, anti kegemukan, dan anti hiperglikemia pada durian dapat mengatasi berbagai masalah ini secara efektif.

3 dari 6 halaman

Mengatasi Anemia

Anemia diketahui bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan kehamilan karena produksi sel darah yang berkurang. Nah, pada buah durian memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi. Kandungan asam folat inilah yang sangat penting untuk memperoduksi sel darah merah.

Selain itu, buah durian juga mengandung tembaga dan zat besi yang berperan dalam [embuatan sel darah merah. Jadi, kamu bisa mengonsumsi buah durian untuk mencegah terjadinya anemia yang bisa menyulitkan kamu selama kehamilan.

4 dari 6 halaman

Mengandung Fitoestrogen

Sebenarnya hormon estrogen secara alami diproduksi oleh tubuh, baik pada laki-laki maupun perempuan. Namun bedanya adalah pada perempuan lebih tinggi dibndingkan dengan laki-laki. Nah, hormon yang disebut sebagai hormon seksual ini berperan penting untuk kesuburan perempuan.

Jadi, bila kamu kekurangan hormon estrogen dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan kesempatan untuk hamil menjadi lebih kecil.

Pada buah durian memiliki kandungan fitoestrogen, merupakan molekul yang bekerja hampir sama pada tubuh seperti estrogen. Kandungan fitoestrogen pada durian berpotensi untuk melawan efek ketidakseimbangan hormon pada perempuan.

5 dari 6 halaman

Menjaga Berat Badan

Kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan bisa mengganggu kamu selama masa kehamilan. Kelebihan berat badan bisa mengganggu produksi estrogen dengan baik. Begitu juga dengan kekurangan berat badan, bisa menghambat produksi estrogen.

Estrogen ternyata tidak hanya diproduksi oleh induk telur, namun juga pada beberapa jaringan sel lemak. Nah, pada berat badan yang sehat mampu membuat estrogen diproduksi secara tepat. Oleh karena itu, pentingnya menjaga berat badan kamu selama masa kehamilan.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi durian. Ya, dengan makan buah durian kamu bisa mengurangi risiko memiliki berat badan yang tidak sehat. Memiliki kandungan serat yang tinggi, mineral, air, dan lemak sehat mampu membantu berat badan tetap terkendali.

Namun kamu perlu memperhatikan jumlah konsumsi durian selama kehamilan agar tak menimbulkan efek samping.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan kesuburan pria

Buah durian juga merupakan perangsang alami yang ampuh. Jika kamu mengonsumsinya dengan rutin, durian dapat bantu meningkatkan keinginan dan fungsi seksual. Durian juga dapat meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan produksi pada sperma.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS