Sukses

Alami Luka Tusukan di Perut Akibat Serangan Pari, Perenang Australia Tewas

Layanan darurat di Pantai Lauderdale di Tasmania mengatakan telah menemukan luka tusukan di bagian perut bawah pria Australia. Konon akibat serangan pari.

Liputan6.com, Hobart - Seorang perenang Australia dilaporkan meninggal dunia akibat dugaan serangan ikan pari. Menurut pernyataan polisi, layanan darurat di Pantai Lauderdale di Tasmania mengatakan, telah menemukan luka tusukan di bagian perut bawah pria 42 tahun itu.

CNN yang dikutip Senin (10/11/2018) memberitakan bahwa pria Australia itu sedang berenang sendirian pada saat ia diduga diserangan ikan pari. Ia dibawa ke pantai oleh sejumlah teman sebelum layanan darurat tiba.

Dia dinyatakan meninggal dunia setelah upaya untuk menyadarkannya tidak berhasil.

"Indikasi awal adalah bahwa luka itu mungkin ditimbulkan oleh hewan laut, meskipun insiden itu tidak terkait hiu," demikian menurut pernyataan polisi.

Laporan berita yang beredar kemudian menyebut bahwa cedera itu disebabkan oleh ikan pari.

Pria itu diidentifikasi oleh kantor berita Australia, ABC sebagai Nicolas Ricketts, seorang tukang ledeng yang sebelumnya bertugas di Angkatan Laut Australia.

Pantai, sekitar 10 mil dari ibukota Tasmania, Hobart, adalah tempat berenang yang populer dan dikenal banyak terdapat ikan pari serta jenis ikan skate. Kendati demikian serangan ikan pari pada manusia sangat langka, hal itu dibenarkan oleh ahli biologi laut Peter Last, yang dikutip dalam laporan ABC.

Salah satu serangan paling terkenal terjadi pada 2006, ketika Steve Irwin, presenter TV yang dikenal sebagai "Pemburu Buaya," meninggal akibat seekor ikan pari menusuk jantungnya dan menyebarkan racun di tubuhnya di lepas pantai utara Australia.

Kala itu, ia dan timnya sedang membuat sebuah film dokumenter.

Kematiannya yang tragis mengejutkan seantero Benua Kanguru.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikan Pari Sengat Alat Vital

Sebelumnya, seorang pemuda di China harus merasakan sakit yang luar biasa akibat kemaluannya disengat ikan pari ketika sedang berenang di laut.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh penjaga Pantai Sanya yang berada di Provinsi Hainan, China, lelaki itu terlihat merangkak dari dalam air menuju bibir pantai. Ia lalu bergelinding di atas pasir ketika ekor ikan tersebut masih melekat di kelaminnya.

Ia adalah seorang turis lokal. Demikian seperti dikutip dari Mirror, Kamis 6 September 2018. Insiden mengenaskan ini terjadi pada 1 September, dan disebutkan bahwa pria itu mengunjungi pantai tersebut karena ingin menikmati cuaca tropis.

Layanan darurat China kemudian datang untuk menyelamatkannya. Mereka langsung membantu korban untuk melepaskan duri ikan dari tubuhnya. Namun, karena petugas tidak memiliki alat yang tepat untuk melancarkan proses evakuasi, maka mereka harus melepaskan ikan pari dengan cara manual, mencongkelnya menggunakan batang kayu dengan sangat hati-hati.

Orang-orang berkerumun di sekitar pria muda itu untuk menyaksikan insiden nahas tersebut. Ketika petugas layanan darurat berhasil melepaskan ekor ikan pari, ia langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan tandu dan ambulans.

Meski nyawa pemuda itu berhasil diselamatkan, akan tetapi ikan pari tersebut mati setelahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.