Sukses

Cukup Pakai 1 Alat, Ini Cara Simpan Roti Agar Tahan Lama dan Tidak Jamuran

Roti tawar dijamin awet di kulkas dan teksturnya tetap lembut. Ikuti cara menyimpannya.

Liputan6.com, Jakarta Selain menyehatkan, roti tawar juga sangat lezat jika dipanggang dengan telur dan daging, maupun dicampur dengan selai dan meses.

Roti tawar sangat mudah ditemukan di supermarket dengan harga yang terjangkau. Belum lagi roti juga tidak terlalu berat untuk disantap sehingga cocok dijadikan sarapan pagi.

Namun roti tawar memiliki satu kelemahan yang sangat signifikan. Jika dilihat pada bungkusan roti tawar merk apa pun, pasti memiliki masa kadaluarsa yang sangat singkat.

Meski begitu, hal itu bisa diakali jika roti disimpan dengan tepat seperti yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube Sajian Sedap.

Cara-cara yang dibagikan sangatlah praktis, yang akan dirangkum pada Minggu (26/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bungkus dengan Kertas

Cara pertama, siapkan roti tawar yang ingin disimpan dengan ditumpuk tegak. Bungkus roti menggunakan kertas dengan cara dilipat dari kedua sisi. Kertas sendiri dinilai lebih efektif dalam menjaga kelembaban roti dibanding plastik.

3 dari 11 halaman

Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Cara lain agar roti tetap awet sampai berbulan-bulan adalah dengan disimpan di wadah kedap udara. Dengan cara ini, roti akan terbebas dari paparan udara yang dapat membuat roti cepat berjamur.

4 dari 11 halaman

Jangan Simpan di Kulkas

Kulkas sendiri memiliki suhu yang tidak terlalu dingin, terutama kulkas jenis lama. Jika roti didinginkan secara setengah-setengah seperti ini, hanya akan memicu pertumbuhan jamur pada roti tawar.

5 dari 11 halaman

Masukkan ke Freezer

Cara yang paling aman untuk dilakukan agar roti tetap awet berbulan-bulan adalah dimasukkan ke  dalam freezer. Namun sebelum itu, roti harus disimpan dulu dengan plastik zipper, kertas bungkus atau wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke freezer.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Roti Tawar

7 dari 11 halaman

Mengapa Roti Tidak Boleh Disimpan di Kulkas?

Roti berkualitas tinggi seperti roti gandum bisa menjadi rusak jika disimpan dalam lemari es, terutama jika disimpan terlalu lama.

8 dari 11 halaman

Kenapa Roti Tidak Bisa Bertahan Lama?

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya roti mengalami penurunan kualitas atau kedaluwarsa, seperti kadar air, tipe tepung yang dipakai, metode pembuatan, dan cara penyimpanan.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Ciri-ciri Roti Kadaluarsa?

Tanda-tanda roti basi yang tidak aman dikonsumsi adalah dengan munculnya jamur (spora) di permukaan roti serta bau yang tidak sedap.

10 dari 11 halaman

Apa yang Terjadi Jika Memakan Roti yang Sudah Kadaluarsa?

Mikroorganisme yang berkembang pada roti yang sudah melewati masa kadaluarsanya bisa mengacaukan keseimbangan bakteri baik dalam sistem pencernaan kita. Kondisi ini bisa mengganggu proses pencernaan, menyebabkan perut kembung, produksi gas berlebih, dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Roti Bertahan di Suhu Ruangan?

Menurut Healthline, ada berbagai faktor yang menentukan masa simpan roti. Roti yang disimpan pada suhu ruang biasanya bertahan sekitar 3-7 hari. Namun, durasi ini bisa bervariasi tergantung pada bahan, jenis, dan cara penyimpanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini