Sukses

Tips Bersihkan Limpa Sapi Agar Empuk dan Tidak Amis, Perhatikan 1 Langkah Ini

Ternyata begini cara menghilangkan bau amis pada limpa sapi, sekaligus membuat teksturnya jadi lebih empuk. Mari simak bagaimana triknya.

Liputan6.com, Jakarta Limpa sapi merupakan salah satu jeroan yang cukup banyak digemari. Namun, cara membersihkan dan mengolah yang kurang tepat membuat bau amisnya susah hilang dan teksturnya lebih alot.

Untuk mengantisipasi hal ini, seorang pengguna YouTube dengan kanal Sasmita Pratiwi memberikan beberapa tips menghilangkan bau amis pada limpa sapi, sekaligus mengempukkan teksturnya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada penjelasan yang dirangkum pada Jumat (24/5/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan-bahan

Limpa sapiJeruk nipisDaun salamGaram

3 dari 12 halaman

1. Bersihkan Kulit Limpa

Pertama, bersihkan kulit limpanya. Ini berbentuk seperti selaput bening yang membungkus limpa sapi. Jika selaput ini tidak dibersihkan, maka limpa akan semakin alot ketika diolah.

4 dari 12 halaman

2. Cuci dengan Air

Kedua, limpa yang sudah bebas dari selaputnya bisa dicuci hingga bersih menggunakan air mengalir. 

5 dari 12 halaman

3. Beri Perasan Jeruk Nipis

Ketiga, potong limpa menjadi beberapa bagian untuk memudahkannya dimasukkan ke panci. Beri perasan jeruk nipis untuk meminimalisir bau amisnya, dan marinasi satu sampai dua menit saja.

6 dari 12 halaman

4. Rebus Sebentar

Keempat, limpa sapi yang sudah dimarinasi bisa direbus. Pada proses ini, rebus hingga limpa menyusut.

7 dari 12 halaman

5. Potong Kecil-kecil Limpa

Kelima, limpa yang sudah menyusut bisa dipotong-potong seukuran satu kali suap untuk memudahkan saat diolah dan dikonsumsi nantinya.

8 dari 12 halaman

6. Rebus untuk Kedua Kalinya

Terakhir, rebus ulang limpa bersama daun salam dan sedikit garam sampai empuk. Tusuk limpa dengan garpu atau tusuk gigi, jika sudah empuk limpa bisa diangkat dan diolah. Perhatikan dan jangan di-skip karena langkah ini yang membuat limpa tidak amis dan semakin empuk.

9 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Limpa Sapi

10 dari 12 halaman

Apakah Limpa Sapi Sehat?

Satu-satunya bagian dalam tubuh sapi ini menyimpan banyak protein dan omega-3 asam lemak. Tak hanya itu, limpa juga memiliki kandungan zinc dan selenium yang penting bagi sistem kekebalan tubuh serta fungsi hormon.

11 dari 12 halaman

Apakah Limpa Sapi Mengandung Purin?

Purin dalam limpa kambing mencapai 773 mg, sementara hati sapi memiliki kadar 554 mg. Limpa sapi menyediakan 444 mg purin, diikuti oleh paru sapi dengan 339 mg. Kadar purin dalam ginjal sapi mencapai 256 mg, sementara jantung kambing atau domba mengandung sekitar 241 mg.

12 dari 12 halaman

Limpa Sapi Terletak Dimana?

Limpa merupakan sebuah organ yang berwarna merah keunguan yang terletak di dalam rongga perut bagian kiri atas, berada tepat di belakang lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.