Sukses

Hanya Butuh 1 Bahan, Begini Trik Ubah Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen Kembali

Jika punya nasi kering akibat terlalu lama di rice cooker jangan dibuang dulu. Coba praktikkan cara ini, nasi bisa jadi pulen kembali. Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Nasi yang pulen memang cenderung lebih banyak diminati. Namun, jika nasi mengering akibat terlalu lama di magic com, sebaiknya jangan buru-buru dibuang.

Trik membuat nasi kembali pulen ala warganet TikTok, @ownerbumicampernik, ini bisa dicoba terlebih dahulu. Agar tidak mubazir, ia membagikan trik sederhana cukup dengan memanfaatkan satu bahan saja.

Bagaimana langkahnya dan apa bahan yang dibutuhkan? Berikut pemaparannya, dirangkum pada Rabu (10/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan 1 Bahan Ini

Melalui video TikToknya, @ownerbumicampernik tampak menggunakan segelas air saja, dengan catatan gelas berbahan dasar kaca atau plastik yang sudah food grade.

3 dari 11 halaman

Masukkan Bahan ke dalam Rice Cooker

Step pertama, letakkan segelas air dengan suhu ruang ke dalam rice cooker. Letakkan di tengah-tengah nasi.

4 dari 11 halaman

Biarkan Selama Satu Jam

Step kedua, tutup rice cooker dan nyalakan dalam mode warm. Biarkan selama kurang lebih satu jam agar air dalam gelas tadi menguap dan mengempukkan nasi.

5 dari 11 halaman

Nasi Siap Dikonsumsi Kembali

Setelah satu jam dihangatkan, keluarkan gelas dan nasi yang kembali pulen siap dikonsumsi. 

6 dari 11 halaman

Tips Memilih Beras yang Berkualitas

  1. Hindari beras yang berbau apek
  2. Hindari beras yang berkutu
  3. Pilihlah beras dengan bulir-bulir yang masih utuh
  4. Hindari beras yang ketika digenggam terasa licin karena berpotensi mengandung obat pelicin
  5. Perhatikan harga beras karena harga juga menjadi salah satu penentu kualitasnya
7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Nasi

8 dari 11 halaman

Nasi Itu Mengandung Apa?

Nasi putih terdiri dari sekitar 90 persen karbohidrat, 8 persen protein, dan 2 persen lemak. Berdasarkan berbagai referensi, nasi juga kaya akan magnesium, fosfor, mangan, selenium, zat besi, asam folat, tiamin, dan niasin. Selain itu, nasi memiliki kandungan serat yang rendah serta mengandung asam lemak omega-6.

9 dari 11 halaman

Apa yang Dilakukan Jika Nasi Terlalu Keras?

Ambil nasi yang sudah mengeras dari rice cooker atau kukusan, lalu pindahkan ke dalam wadah yang tahan panas. Masak kembali nasi tersebut di dalam microwave selama dua menit sampai mengeluarkan uap dan teksturnya menjadi lembut.

10 dari 11 halaman

Nasi Aking Buat Apa?

Nasi sisa, yang sering disebut nasi aking, mengandung 83,14% karbohidrat, 29,70% amilosa, dan 3,36% protein. Kandungan pati berupa amilosa dan amilopektin ini membuat nasi aking berpotensi sebagai bahan dasar untuk produksi plastik biodegradable.

11 dari 11 halaman

Apa Manfaat Makan Nasi Kemarin?

Nasi yang telah dingin mengalami perubahan kimia yang menambah jumlah serat mudah cerna, sehingga mendukung proses pencernaan. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa nasi sisa yang telah dingin mempunyai indeks glikemik lebih rendah, yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini