Sukses

Tanpa Direndam Jeruk Nipis, Ini Cara Bersihkan Lendir Lele Pakai 2 Bahan Dapur

Lendir mengganggu pada ikan lele dapat dibersihkan dengan 2 bahan ini saja. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Melansir dari Healthline, dalam setiap seratus gram ikan lele mengandung banyak sekali nutrisi seperti protein tanpa lemak, omega-3 hingga vitamin B12.

Dari faktor kelezatan, ikan lele juga bisa diolah menjadi beragam hidangan yang kaya rasa seperti lele goreng, lele bakar penyet, lele balado hingga lele rica-rica.

Ikan lele juga relatif lebih mudah untuk dibersihkan, meskipun juga banyak yang enggan melakukannya karena lele mentah cenderung bau amis dan berlendir.

Padahal, membersihkan lendir pada ikan lele sangatlah mudah, seperti yang dilakukan oleh warganet TikTok @mesimarsita23. Bahkan ia hanya menggunakan dua bahan dapur saja, yang caranya dirangkum pada Sabtu (18/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Taburkan Garam dan Baking Powder

Tanpa perlu dicuci, siapkan beberapa ekor ikan lele yang hendak dibersihkan dan letakkan di dalam baskom. Taburkan garam dan baking powder masing-masing satu sendok teh. Aduk-aduk ikan lele dengan tangan agar tercampur rata bersama bumbu dapur.

3 dari 11 halaman

Diamkan Selama 15 Menit

Setelah diaduk-aduk sampai merata, biarkan ikan lele dalam keadaan terbuka selama kurang lebih lima belas menit. Di tahap ini, garam dan baking powder akan bereaksi untuk membersihkan lendir ikan lele.

4 dari 11 halaman

Lendir Mulai Terpisah

Setelah dibiarkan selama lima belas menit, lendir pada ikan lele akan mulai terpisah dengan sendirinya. Namun, hal ini belum menjamin kebersihan ikan lele secara sempurna.

5 dari 11 halaman

Cuci Bersih Ikan Lele

Untuk memastikan kebersihan lele, cuci ikan lele menggunakan air mengalir. Dengan cara ini, lele dijamin bersih serta terbebas dari lendir dan bau amis yang mengganggu.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ikan Lele

7 dari 11 halaman

Apa Fungsi Lendir dari Ikan Lele?

Ikan lele tidak memiliki fisik sehingga produksi lendirnya lebih tinggi. Fungsinya adalah sebagai lapisan pelindung yang efektif untuk melindungi ikan lele dari serangan bakteri dan infeksi. Lendir juga berkontribusi pada pergerakan ikan lele, baik di dalam air maupun di lumpur.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Lendir di Ikan Lele?

Menghilangkan lendir pada lele bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah dengan menggosok bagian tubuhnya menggunakan garam atau abu gosok hingga lendirnya menghilang sepenuhnya. Setelah itu, bilas dengan air mengalir sampai bersih.

9 dari 11 halaman

Mengapa Tubuh Ikan Lele Licin Berlendir dan Tidak Bersisik?

Saat ikan memiliki sisik sebagai lapisan pelindung tubuh, lele hanya memiliki kulit yang halus sebagai penutup luar badannya. Ketidakberadaan sisik mengakibatkan lele memproduksi lendir lebih banyak sebagai pertahanan terhadap bakteri dan infeksi, serta mendukung gerakan lele baik di air maupun di lumpur.

10 dari 11 halaman

Apakah Cuka Bisa Menghilangkan Lendir Lele?

Diketahui bahwa beberapa bumbu dapur mampu menghilangkan lendir pada lele. Bumbu dapur ini terdiri dari bubuk kunyit dan cuka.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama merendam lele dengan air garam?

Cobalah untuk merendam Lele yang telah dibersihkan di air yang telah dicampur garam dan jeruk nipis selama 10-15 menit. Lalu cuci bersih. Selain menghilangkan lendir pada Lele, jeruk nipis juga membantu mengurangi bau amis pada Lele.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.