Sukses

Modal 1 Bahan, Ini Cara Olah Jantung Pisang Agar Tetap Putih

Warna jantung pisang tidak akan berubah jika diolah dengan bahan yang tepat. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Jantung pisang dapat diolah jadi beragam hidangan gulai dan tumisan yang lezat. Dari sisi kesehatan, jantung pisang bermanfaat dalam menyembuhkan luka dan infeksi, menangani diabetes hingga mengatasi peradangan.

Meski lezat dan bermanfaat, jantung pisang tidak dapat diolah begitu saja. Jantung pisang cenderung rentan berubah warna jadi kehitaman, sehingga akan terasa pahit.

Namun, ada salah satu warganet Instagram dengan akun @mewalik yang mengaku dapat mengolah jantung pisang tetap putih hanya dengan satu bahan saja.

Kira-kira, bahan apa yang digunakan? Temukan jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Rabu (24/04/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Jangan Beri Jeda untuk Merebus Jantung Pisang

Jantung pisang memang harus direbus dalam keadaan yang terpotong-potong. Namun, banyak orang yang tidak menyadari dan malah memotong jantung pisang terlebih dahulu di atas talenan sebelum direbus.

Padahal, jeda antara memotong jantung pisang dengan menunggu air rebusan panas cukup signifikan. Getah jantung pisang akan mengalami oksidasi dengan udara yang membuatnya menghitam.

3 dari 10 halaman

Langsung Potong Jantung Pisang di Atas Rebusan

Jadi, langkah yang tepat adalah merebus air terlebih dahulu sampai mendidih. Setelah itu, jantung pisang harus langsung dipotong di atas air rebusan tersebut agar jantung pisang bisa langsung direbus.

4 dari 10 halaman

Rebus Selama 5 Menit

Saat merebus jantung pisang, warganet Instagram ini juga menyarankan untuk menambahkan garam secukupnya. Garam sendiri akan melunturkan getah jantung pisang, sehingga nanti tidak akan pahit dan jadi kehitaman. Rebus jantung pisang selama kurang lebih lima menit saja.

5 dari 10 halaman

Jantung Pisang Tetap Putih

Setelah direbus selama lima menit, matikan kompor untuk meniriskan jantung pisang. Bersihkan jantung pisang dengan direndam dalam air bersih.                      

Setelah itu, jantung pisang bisa diangkat dan siap untuk diolah. Bisa dilihat, jantung tetap berwarna putih cantik.

6 dari 10 halaman

Apakah Jantung Pisang Harus Direbus Dulu?

Untuk membuat jantung pisang tampak menarik dan tidak berubah warna menjadi hitam, direkomendasikan merebusnya dengan air mendidih.

7 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pahit dari Jantung Pisang?

Menurut informasi yang diambil dari The Spruce Eats, gunakanlah satu sendok makan dari tiga bahan asam itu untuk dua gelas air. Air yang berasa asam itu juga dapat membantu mengurangi rasa pahit pada jantung pisang.

8 dari 10 halaman

Jantung Pisang Apa yang Tidak Pahit?

Rasa pahit atau sepat pada jantung pisang disebabkan oleh kandungan tanin, membuat jenis ini tidak cocok untuk dimasak. Sebagai alternatif, bisa dipilih jantung pisang klutuk atau pisang batu yang cenderung memiliki getah yang lebih sedikit.

9 dari 10 halaman

Kenapa Jantung Pisang Hitam Saat Direbus?

Banyak orang yang menemukan bahwa jantung pisang seringkali berubah warna menjadi hitam setelah direbus karena getah yang keluar dari jantung pisang saat dipotong

10 dari 10 halaman

Apa yang Dimakan dari Jantung Pisang?

Hanya bagian dalam jantung pisang yang bisa dimakan. Sebelum diproses, kulit merahnya dikupas hingga tersingkap bagian putihnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini