Sukses

Cek Fakta: Hoaks Lowongan Kerja PT Angkasa Pura I dengan Gaji Rp 6,5 Juta, Ini Buktinya

Dijelaskan dalam klaim mengenai lowongan kerja ini, PT Angkasa Pura I membutuhkan banyak perkeja tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah lowongan kerja di PT Angkasa Pura I di media sosial Facebook. Dijelaskan dalam klaim mengenai lowongan kerja ini, PT Angkasa Pura I membutuhkan banyak perkeja tambahan.

Akun Facebook atas nama Febbly S mengunggah informasi lowongan kerja PT Angkasa Pura I pada 9 November 2020. Disebutkan, para pelamar yang lolos seleksi akan mendapat gaji pokok sebesar Rp 6,5 juta.

Begini narasinya:

"DI BUKA LOWONGAN KERJA

PT Angkasa Pura I (Persero) Tahun 2020Perusahaan yang bergerak di bandar udara international

Persyaratan:Pria / WanitaUsia 18 – 35 ThnPendidikan Min SMA/SMK sederajatMemiliki penampilan dan komunikasi yang baik

Posisi:pramugariAviation Security OfficerFly SecurityFire Fighting OfficerApron MovementController /Avia BridgeAir traffic controllerAir craft MaintenenceEngineerFlight Operation OfficerPerawatMarshallerCheck In CounterCostumer ServicePemadam KebakaranDriverMekanik

Fasilitas :-Gaji pokok UMR Rp 6.500.000,--Uang Makan-Mess / Transport / Jemputan-Seragam-BPJS-Premi Kehadiran-THR

Kelengkapan Dokumen :

* Surat Lamaran Kerja * Curriculum Vitae ( CV )* Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir* Foto copy Identitas ( KTP / SIM )* Foto copy kartu keluarga ( KK )* Pas Foto (berwarna) ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar

* Email dan No. Telp / Hp yang masih aktifSilahkan Kirim Lamaran/CV Lengkap Anda ke Email: humas.ap1@graduate.org

*SUBJECT LAMARAN : NAMA LENGKAP/NO.HP/E-MAIL*

Batas lamaran sampai 30 November 2020

Mohon bantu share atau bagikan ya mgkn aja ada teman atau keluarga anda butuh kerja.."

Sementara itu, diunggahan lainnya, disebutkan kalau PT Angkasa Pura II yang membuka lowongan pekerjaan. Klaim ini sangat mirip dengan yang diposting akun Facebook Febbly S.

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa media sosial, Twitter, milik PT Angkasa Pura I, @AP_Airports. Dalam akun Twitter tersebut, mereka tidak membuka lowongan melalui Facebook seperti yang diklaim akun Facebook Febbly S.

"Hati-hati terhadap jenis penipuan berkedok informasi lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura I (Persero). Seluruh proses rekrutmen PT Angkasa Pura I (Persero) diumumkan melalui website resmi perusahaan serta surat kabar nasional."

Bantahan juga disebutkan di akun Twitter resmi contact center PT Angkasa Pura I, @angkasapura172. Dijelaskan dalam akun tersebut, mereka belum membuka lowongan pekerjaan lagi. Kicauan ini berada di Twitter pada 22 November 2020.

Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi situs resmi PT Angakasa Pura II. Di situs itu ada penjelasan kalau mereka belum membuka lowongan pekerjaan. Begini penjelasan yang tertera di situs tersebut:

"Pengumuman Rekrutmen

Untuk saat ini PT Angkasa Pura II (Persero) belum membuka lowongan pekerjaan.

Pengumuman lowongan kerja PT Angkasa Pura II (Persero) akan diinformasikan secara resmi melalui website www.angkasapura2.co.id dan http://recruitment.angkasapura2.co.id PT Angkasa Pura II (Persero) tidak pernah memungut biaya apapun dalam proses seleksi penerimaan calon pegawai.

Harap berhati-hati terhadap modus penipuan terkait informasi lowongan kerja yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura II (Persero), dan perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan atas penipuan tersebut. Panitia Rekrutmen & Seleksi PT Angkasa Pura II (Persero) tidak menanggung segala bentuk biaya untuk keperluan rekrutmen dan seleksi dari kandidat dan tidak pernah meminta pembayaran dalam bentuk apapun dari kandidat. Harap mengabaikan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang meminta sejumlah uang terkait rekrutmen dan seleksi."

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut adanya lowongan pekerjaan di PT Angkasa Pura I dan II dengan gaji sebesar Rp 6,5 juta adalah hoaks.

Faktanya, PT Angkasa Pura I belum membuka lowongan pekerjaan di tahun 2020.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.