Sukses

Dapat Lampu Hijau, 20 Klub Liga Inggris Siap Rampungkan Kompetisi

Ke-20 klub Premier League siap kembali berlaga dan merampungkan musim 2019-2020.

London- Pemerintah Inggris memberikan izin kepada pengelola Liga Inggris untuk melanjutkan kompetisi musim ini. Ke-20 klub peserta siap untuk merampungkan musim 2019-2020.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, berencana untuk melonggarkan lockdown pada 1 Juni mendatang. Sejalan dengan rencana tersebut, Liga Inggris juga mendapatkan lampu hijau untuk kembali digelar.

Seperti dilansir Mirror, liga bisa kembali berlangsung dengan catatan khusus, yaitu dihelat secara tertutup. Artinya, semua pertandingan Premier League digelar tanpa penonton, tetapi bisa disiarkan secara langsung sehingga fans tetap bisa menyaksikan dari televisi.

Buntut dari pengumuman tersebut, Premier League mengajak 20 klub partisipan untuk melakukan rapat lewat telekonferensi video pada Senin (11/5/2020), guna mencari solusi terkait sisa musim ini.

Petinggi Premier League, Richard Masters menyatakan pihaknya akan tetap mengikuti aturan dari pemerintah terkait kemungkinan digulirkannya kembali kompetisi.

"Kami menyambut langkah awal ini dan siap memainkan peran kami. Kami bekerja dengan para klub dan stakeholder - pemerintah, partner siaran, FA, EFL, PFA, dan LMA - untuk menciptakan model untuk merampungkan musim ini yang bertanggung jawab, aman, dan bisa diwujudkan," ujar Masters lewat pernyataan resmi Premier League.

"Tentu saja, keselamatan menjadi hal yang paling diutamakan. Kami harus mendengarkan pemerintah, otoritas, dan ahli medis serta terus mengikuti saran mereka," tambahnya.

"Itulah yang kami lakukan. Kami mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melanjutkan Liga Inggris musim ini, tetapi hanya jika kondisi memungkinkan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sepakat Menyelesaikan Musim Ini

Lebih lanjut, Masters juga menegaskan ke20 klub peserta sepakat untuk melanjutkan musim ini hingga selesai.

"Ada hasrat kuat untuk mendiskusikan segalanya dan menyepakati secara kolektif ke depannya. Sebuah kolektif yang sangat kuat ingin merampungkan sisa musim ini," tutur Masters.

"Prioritas kami selalu adalah keselamatan para pemain, pelatih dan manajer, staf, suporter, dan komunitas yang lebih luas. Tak akan ada yang disepakati hingga kami berbicara kepada manajer dan pemain," tegasnya.

Masters juga mengungkapkan, pihaknya sudah menunjuk sebuah perusahaan untuk melakukan tes virus Corona di markas latihan klub sebelum tim peserta bisa benar-benar kembali berlatih normal.

3 dari 3 halaman

Venue Pertandingan

Tak hanya itu, Masters juga mengungkapkan diskusi mengenai venue yang kemungkinan dipakai dalam sisa musim ini, apakah tetap sesuai rencana atau harus digelar di tempat netral.

"Tentu saja yang menjadi pilihan klub adalah bermain di kandang jika semua memungkinkan," kata Masters.

"Dialog ini terus berjalan dan kami sudah berbicara kepada otoritas mengenai kondisi mana yang membuat kami bisa kembali menggulirkan Premier League dan menyikapi secara serius semua saran tersebut," tandasnya.

Sumber: Premier League

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Ari Prayoga/Published: 12/05/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini