4 Laga Historis Sociedad Kontra Barcelona

Barcelona pernah mencetak 6 gol di babak pertama dan menang 6-0 di Anoeta.

oleh Defri Saefullah diperbarui 22 Feb 2014, 06:23 WIB
Sejarah pertemuan antara Real Sociedad kontra Barcelona yang tercatat soccerway berjumlah 37 kali. Dari jumlah itu, Barcelona lebih dominan. Barcelona menang 23 kali, imbang 9 kali dan 5 kali kalah.

Dengan demikian pertandingan akhir pekan ini ketika Sociedad menjamu Barcelona di Anoeta bakal menjadi laga ke-38. Memang, ini bukan laga El Clasico. Namun pertandingan antara klub asal Basque lawan klub asal Katalunya ini tetap menarik untuk ditunggu.

Laman resmi Barcelona pun mengungkap kembali empat laga historis atau klasik diantara kedua tim, utamanya ketika Barcelona tandang ke markas Sociedad. Awalnya, Sociedad bermarkas di Atotxa sebelum akhirnya musim ini hijrah ke Anoeta. Seperti apa laga klasik diantara kedua tim ini? Berikut detailnya:

1. 1992/93: Laga Perpisahan di Atotxa (2-2)
Laga perpisahan Sociedad di Atotxa menjadi laga pahit bagi Barcelona. Mereka membuang poin penuh di duel yang seharusnya bisa dimenangkan. Pada laga ini, Barcelona yang masih dilatih Johan Cruyff harus menelan dua kali gol dianulir wasit. Gol penyeimbang Sociedad dicetak Meho Kodro di menit ke-88.

2. 1993/94: Debut Buruk di  Anoeta (2-1)
Barcelona jalani debut tampil di markas baru Sociedad, Anoeta. Barcelona harus mengakhiri debut pada 22 Januari 1994 itu dengan buruk karena kalah 1-2 dari Sociedad. Lagi, Meho Kodro ambil peran atas sukses Sociedad lewat dua golnya.
Barcelona saat itu tanpa Romario yang kena sanksi setelah bertengkar dengan pemain Sevilla, Sevilla sepekan sebelumnya. Karena kekalahan ini, Barcelona kesulitan kejar pemimpin klasemen saat itu, Deportivo La Coruna.

3. 2000/01: Enam Gol di Babak Pertama (0-6)
Saat dilatih Serra Ferrer, Barcelona tampil kurang meyakinkan baik di liga maupun Eropa. Tapi kemenangan besar 6-0 di Anoeta menjadi sinyal Barcelona bisa bangkit. Hebatnya enam gol terjadi di babak pertama. Gol itu dicetak Rivaldo (2), Alfons (2), Luis Enrique dan Simao. Ini tercatat sebagai kemenangan terbesar Barcelona di kandang Sociedad.

4.2012/13: Akhiri Rekor Bagus Barcelona (3-2)
Musim lalu, Sociedad akhiri rentetan kemenangan Barcelona. Di bawah Tito Vilanova, Barcelona mampu mencetak rekor liga dengan merebut 55 poin dari maksimal 57 poin. Meski sudah unggul dua gol terlebih dahulu di Anoeta, Sociedad mampu bangkit dan bahkan menang lewat gol Agirretxe di perpanjangan waktu.

Baca Juga:
Madrid Ingin Boyong Courtois, Ini Jawaban Mourinho
[Full Time] Evan Dimas Selamatkan Timnas U-19
Arema Kokoh Puncaki Klasemen Wilayah Barat
Lagi, Flamini Marah-marah dengan Rekannya di Arsenal
Syarat Ancelotti Jika Casillas Ingin Jadi Kiper Utama

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya