Pelantikan Soekarwo, Buruh Tuntut Jaminan Kesehatan

Unjuk rasa akan dilakukan di 2 tempat, yakni gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur dan gedung negara Grahadi.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Feb 2014, 10:50 WIB
Puluhan ribu buruh dari berbagai serikat pekerja akan melakukan unjuk rasa pada saat pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2014-2019. Unjuk rasa akan dilakukan di 2 tempat, yakni gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur dan Gedung Negara Grahadi.

Agus, aktivis dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mengatakan, ada beberapa tuntutan yang akan disuarakan oleh kaum buruh, di antaranya jaminan kesehatan buruh atau BPJS seperti yang diamanatkan undang-undang. Buruh juga menolak keberadaan buruh outsourcing yang masih marak sampai saat ini.

"Kami ingin pemerintahan Soekarwo-Saifullah Yusuf, bisa lebih memperhatikan kaum buruh," ujar Agus, Rabu (12/2/2014).

Dalam aksinya hari ini, mereka akan menggunakan beberapa tempat sebagai titik kumpul. Di antaranya, bundaran Tol Waru, Osowilangun, Kebun Binatang Surabaya, dan Taman Bungkul.

Diperkirakan massa akan menuju ke Gedung Negara Grahadi selepas pukul 12.00 WIB, atau setelah selesai acara pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Dalam pelantikan kali ini, ada 9 menteri dan 13 gubernur yang diundang. Seluruh bupati/walikota se-Jawa Timur juga diundang. Tak hanya itu, seluruh ketua KPU dan panwaslu se-Jawa Timur juga diundang. Beberapa tokoh masyarakat, LSM, akademisi, mahasiswa, serta perwakilan serikat buruh juga diundang. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Pelantikan Soekarwo-Saifullah Telan Biaya Rp 400 Juta
[VIDEO] Gaji 5 Bulan Belum Dibayar, Buruh Serbu DPRD Karanganyar
Patung Akar di Titik Nol Malioboro Dirobohkan, Ada Teror?

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya