Minum Alkohol Selama Hamil Lebih Buruk dari Rokok dan Ganja

Mengonsumsi alkohol selama hamil memiliki efek jauh lebih buruk ketimbang merokok dan menghisap ganja.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 27 Jan 2014, 10:45 WIB
Banyak wanita sudah diberitahu untuk menghindari alkohol selama masa kehamilan. Sebab, mengonsumsi alkohol selama hamil memiliki efek jauh lebih buruk ketimbang merokok dan menghisap ganja.

Dokter Anak Senior di Inggris menyebutkan, 1 persen dari bayi yang lahir di sana menderita masalah perilaku atau perkembangan otak akibat paparan alkohol. Dan dari 730.000 angka kelahiran di sana, 7.000 orang anak bisa terpengaruh efek buruk tersebut.

Dokter Anak dari Brighton and Sussex University Hospitals NHS Trust, Dr Neil Aiton mengatakan, bila wanita memiliki perilaku buruk selama masa kehamilan, janganlah memilih untuk mengonsumsi alkohol. Lebih baik merokok atau menghisap ganja. Tapi, alangkah baiknya untuk tidak melakukan semuanya.

"Jika ada pilihan antara minum, merokok, minum alkohol, saya merekomendasikan untuk tidak minum," kata Dr. Neil.

Dr Neil memiliki bukti kuat bahwa mengonsumsi alkohol dapat merusak janin yang ada di kandungan. Dikatakan Neil, segelas 250 ml anggur ukuran besar, mengandung sekitar tiga zat yang tanpa disadari oleh para wanita tersebut menempatkan calon bayinya pada risiko kesehatan.

Seperti dikutip laman Daily Mail, Senin (27/1/2014) Kepala Badan British Medical Association of Science, Baroness mengatakan bahwa itu adalah saran yang cukup sulit untuk diikuti. Sebab, masih banyak orang tidak menyadari apa saja isi kandungan dari alkohol yang diminumnya.

Di sisi lain, masih banyak penelitian yang meninjau kembali pedoman dapat berubah sewaktu-waktu.

(Adt/Mel)

Baca juga:

Tengah Hamil Muda, Emma Malah Terserang Kanker Usus
Stres Selama Hamil Berisiko Lahirkan Anak Gay

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya