Beli Perusahaan Robot, Google Bakal Suplai Teknologi Militer?

Google dikabarkan akan bekerjasama dengan pemerintah Amerika Serikat untuk mensuplai teknologi militer dan membangun robot untuk konsumen.

oleh Iskandar diperbarui 16 Des 2013, 09:20 WIB

Tak puas mencaplok tujuh perusahaan robot, Google dilaporkan mengakuisisi Boston Dynamics, yang dikenal sebagai perusahaan pembuat robot WildCat/ Cheetah, Atlas, Petman, dan Big Dog.

Andy Rubin yang sebelumnya adalah pendiri sistem operasi Android, dipercaya Google untuk memimpin proyek ini. Namun, tidak ada informasi berapa investasi yang dikeluarkan Google untuk mengakuisisi perusahaan robot tersebut.

Pendiri Boston Dynamics Marc Raibert hanya mengatakan, bahwa dirinya senang dengan Andy dan Google yang selalu berpikir ke depan, untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

Dalam kerjasama ini muncul spekulasi, Google dikabarkan akan bekerjasama dengan pemerintah Amerika Serikat untuk mensuplai teknologi militer. Tapi sejauh ini belum ada pihak yang berkomentar lebih lanjut tentang hal tersebut.

Mengutip laman Engadget, Senin (16/12/2013), dalam sebuah wawancara, Raibert menyebut bakal membangun robot yang ditujukan untuk konsumen di masa depan.

Sebelumnya, Google dilaporkan tengah membeli tujuh perusahaan robot. Di antaranya adalah Autofuss, Bot & Dolly, Holomni, Industrial Perception, Meka Robotics, Redwood Robotics, dan Schaft.

Google juga telah merekrut tim insinyur Jepang yang membuat robot humanoid. Kabarnya, robot Google bakal digunakan dalam penelitian mobil self driving untuk membantu mengotomatisasi pengiriman barang. (isk)

 

Baca juga:
Google Diam-diam Kembangkan Kerajaan Robot

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya