Pengamat: Anies Baswedan Hanya Dikenal Elite

Namun belum turunnya Anies ke lapangan dinilai bisa menjadi salah satu strategi politiknya.

oleh Oscar Ferri diperbarui 25 Nov 2013, 18:55 WIB
Sosok Anies Baswedan sebagai salah satu peserta konvensi Partai Demokrat memang memiliki popularitas yang cukup tinggi. Namun itu hanya kalangan menengah ke atas saja yang mengenalnya. Sementara kalangan menengah ke bawah belum terlalu dikenal.

Demikian dikatakan pengamat politik Rully Akbat dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (25/11/2013). Rully menjelaskan, Anies sudah seharusnya bisa memastikan kalau dia tak hanya dikenal sebagai tokoh atau akademisi karena kapasitasnya sebagai Rektor Universitas Paramadina.

"Jadi Pak Anies seharusnya bisa memastikan kalau dia tak hanya terkenal di tingkat elite, tapi juga bisa masuk ke wilayah grass root atau turun ke masyarakat," kata Rully.

Rully yang juga peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) itu menyatakan dirinya kurang memahami apakah Anies sudah pernah terjun langsung ke masyarakat atau belum. Namun dalam potret survei yang dilakukan LSI, tingkat pengenalan Anies di level bawah masih sangat minim.

"Pengenalan untuk Pak Anies masih minim jika dibandingkan dengan peserta konvensi lainnya. Walau di level menengah atas banyak yang tahu. Itu karena beliau sebagai akademisi yang baik," ujar dia.

Akan tetapi, Rully menegaskan, bisa saja belum turunnya Anies ke lapangan merupakan salah satu strategi politiknya. Mengingat dia sudah menjadi peserta konvensi Partai Demokrat.

"Mungkin fokusnya lebih banyak sowan ke DPD I dan II Demokrat, baru nanti ketika menangkan konvensi, beliau ekspos dirinya keluar," tutup Rully. (Ali/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya