iPhone 5S, iPhone 5C, MotoX dan Galaxy S4, Mana Paling Kuat?

Empat smartphone diujicoba secara bersamaan mulai dari uji jatuh, uji rendam dan uji luncur.

oleh Denny Mahardy diperbarui 24 Sep 2013, 14:56 WIB

Smartphone kelas atas berduyun-duyun memasuki pasar ponsel dunia. Tak hanya spesifikasi, tapi kualitas dan ketahanan perangkatnya menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan ketika akan memilih produk.

Serangkaian ujicoba produk smartphone dilakukan oleh Square Trade, penyedia garansi tambahan perangkat elektronik. Tak tanggung-tanggung, empat smartphone diujicoba secara bersamaan mulai dari uji jatuh, uji rendam dan uji luncur.

Dalam video yang di-posting ke situs YouTube, terlihat ada 4 produk yang diuji Square Trade yakni, iPhone 5S, iPhone 5C, Motorola MotoX dan Samsung Galaxy S4.

Pada uji jatuh di bagian pojok ponsel dari ketinggian 5 kaki, Galaxy S4 dan iPhone 5C mengalami kondisi paling parah dengan kerusakan di bagian layar.Uji ketahanan kedua dilakukan dengan sliding test. iPhone 5S mengalami kondisi paling buruk dengan meluncur terlalu jauh.

Tes terakhir dilakukan dengan merendam ponsel selama 10 detik. Galaxy S4 mati tak lama setelah diangkat dari dalam air, sedangkan ponsel lainnya masih beroperasi dengan baik.

"iPhone 5S dan iPhone 5C memiliki ketahanan yang lebih buruk daripada generasi iPhone sebelumnya," sebagai kesimpulan dari uji ketahanan produk yang diambil Square Trade seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (24/9/2013).

Sedangkan secara keseluruhan, perusahaan asuransi itu menyebutkan bahwa MotoX sebagai ponsel yang paling memiliki kuat dan Galaxy S4 yang paling rentan terhadap segala kemungkinan pemakaian. Ingin tahu proses uji ketahanannya? Lihat saja videonya di bawah ini. (den/dew)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya