Dahlan Pastikan Bogasari Bakal Serap Sorgum dari Atambua

Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan Bogasari bakal menyerap sorgum yang diproduksi di Atambua.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 24 Agu 2013, 16:51 WIB

Saat ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sedang melakukan uji coba pembudidayaan penanaman Sorgum di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Empat bulan lalu, Dahlan juga telah mendatangi Atambua untuk menanam Sorgum, dan kali ini kembali mengunjungi untuk melakukan panen raya di lahan yang seluas 200 hektare.

Demi meyakinkan para warga Atambua untuk turut menanam sorgum, Dahlan telah membawa salah satu perwakilan dari Bogasari yang nantinya telah menyatakan komitmennya untuk membeli hasil panen sorgum untuk dijadikan bahan baku pembuat mie.

"Ini yang sanggup beli dari Bogasari. Ini pabrik tepung dan pabrik mie terbesar di Indonesia. Mereka perlu tepung sebanyak-banyaknya," kata Dahlan di Atambua, NTT, Sabtu (24/8/2013)

Untuk lebih meyakinkan lagi, Dahlan memastikan berapapun tanaman sorgum yang akan ditanam sudah pasti akan ada pembelinya. Hal itu dikarenakan tidak hanya Bogasari saja yang akan menjadi pembeli utama melainkan ada dua perusahaan lainnya.

"Satu lagi itu ada namanya Fortuna, satu lagi saya lupa. Semuanya tiga," jelasnya.

Mengingat Kabupaten Atambua merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi, dengan adanya budidaya sorgum ini harapannya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Atambua.

"Harganya kalau bisa dibawah tepung terigu, masyarakat menengah ke bawah mengkonsumsi lebih banyak ini," tambah Dahlan. (Yas/Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya