[VIDEO] Legitnya Getuk Triwarna Magelang

Di Magelang terdapat makanan khas yaitu getuk triwarna. Disebut triwarna karena Getuk ini ada 3 warna yaitu putih, cokelat dan kuning.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Jul 2013, 13:49 WIB
Tim Safari Ramadan kali ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Di Magelang terdapat makanan khas yaitu getuk triwarna. Disebut triwarna karena Getuk ini ada 3 warna yaitu putih, cokelat dan kuning.

Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (27/7/2013) menayangkan, panganan yang terbuat dari singkong ini sudah dibuat sejak tahun 1978. Menurut pembuat getuk triwarna, Andreas Purnomo, sebelum disajikan makanan ini harus digiling supaya teksturnya lembut.

Dia mengatakan, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat getuk triwarna ini adalah singkong, gula margarin dan cokelat sebagai perasa.  "Kalau pelanggan sih, saya dapat masukan, kalau ini rasanya singkong asli," kata Andreas.

Dia juga mengatakan, makanan yang sebenarnya hanya dipasarkan di sekitar Magelang, Semarang dan Yoyakarta ini juga digemari oleh warga negara asing.

Setiap hari, lanjut Andreas, dirinya membutuhkan 4 kwintal singkong untuk membuat getuk ini. "Lebaran ramai sekali pasti, bisa 4 sampai 5 kali lipat," tutur Andreas. Namun, panganan ini tidak bisa lama, karena masa tahan getuk triwarna ini hanya 3 hari. (Sul/Ism)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya