Buka Puasa Gratis di Jepang, Menunya Bergilir dan Diincar Non-Muslim Mancanegara

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal dan bekerja di Jepang mengungkap kegiatan buka puasa bersama di Jepang yang juga dihadiri oleh non-Muslim yang penasaran dengan Islam.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 19 Mar 2024, 16:30 WIB
Buka puasa bersama gratis di Jepang, jadi incaran para non-Muslim mancanegara. (Dok: TikTok @suci_amanda_)

Liputan6.com, Jakarta - Momen Ramadhan menjadi ajang mempererat tali silaturahmi, salah satunya dengan ikut buka puasa bersama. Bukan hanya tradisi yang dilakukan di Indonesia, para Muslim yang tinggal di luar negeri tetap bisa merasakan keseruan buka puasa dengan menyantap takjil gratis.

Pengalaman tersebut dirasakan oleh Suci Amanda, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal dan bekerja di Jepang. "Klepon, timus, talam, lapis Surabaya, sate, rendang, dan sederet makanan Indonesia lainnya umumnya selalu dibanjiri umar manusia di Jepang," ungkapnya di video yang diunggah di TikTok pribadinya @suci_amanda_ pada 17 Maret 2024.

Ia mengatakan bahwa selain didatangi oleh orang Jepang yang sudah muslim maupun orang Jepang yang penasaran dengan Islam maupun makanan Indonesia, tak jarang non islam mancanegara ikut datang ke acara buka bersama. Mulai dari warga China, Korea, Hongkong, Singapura, akhirnya juga datang saat acara buka bersama yang digelar di masjid-masjid di Jepang. 

Biasanya panitia masjid menyajikan menu makanan yang berbeda secara bergiliran. Makanan dari Uzbekistan, Malaysia, Sri Lanka, Banglades, dan tak ketinggalan Indonesia bisa ditemukan sebagai menu buka puasa. 

"Pokoknya Ramadan adalah ajang mencicipi makanan negara lain secara gratis, salah satu takjil teramai biasanya adalah takjil yang giliran menu makanan Indonesia," ungkapnya lagi.

Seperti acara yang diadakan oleh Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) setiap hari Sabtu selama bulan Ramadan ini. Pada siang harinya juga diadakan pesantren kilat untuk siswa TK sampai SMP. 

 

2 dari 4 halaman

Acara Bukber Sekaligus Tablig Akbar

Ilustrasi buka puasa, Ramadan, Islami. (Image by freepik)

Bukan hanya buka puasa bersama dan pesantren kilat, KMII juga mengadakan tablig akbar untuk orangtua. Saat orangtua sibuk menyimak, anak-anak bisa bermain di halaman khusus bermain dengan aman 

Diketahui acara buka puasa yang diadakan KMII ini berlokasi di Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Meguro. "Bonus lainnya kamu juga bisa beli aneka makanan Indonesia seperti mpek-mpek, cireng, colok, combro, ikan bandeng, camilan ke ibu-ibu Indonesia yang berjualan di sana," katanya lagi. 

Sangat seru kegiatan yang bisa diikuti oleh WNI maupun warga asing di acara yang diadakan KMII. Konten yang disukai oleh lebih dari 6.409 pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

"Masjid Cami Tokyo ada acara bukber?" tanya seorang warganet yang dijawab pembuat konten ada setiap hari dan bisa dicek melalui akun Instagram.

"Masukin ke bucket list; berkunjung ke Jepang saat puasa supaya bisa merasakan berasa di komunitas Muslim di sana," sambung yang lain. 

3 dari 4 halaman

Buka Puasa di Masjidil Haram

Ilustrasi buka puasa, Ramadan. (Image by freepik)

Banyak sekali Muslim yang melaksanakan ibadah umrah selama Ramadhan. Bulan suci dengan sederet keutamaan ini tentu terasa kian spesial dengan menjadi "tamu Allah."

Seperti halnya masjid-masjid di belahan dunia lain, berbagi makanan untuk berbuka puasa dan sahur pun dilakukan di Arab Saudi. Secara khusus, jemaah biasanya menantikan momen berbuka puasa di dua masjid utama, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Para peziarah serta jemaah harus tiba di kedua masjid tersebut satu jam sebelum azan maghrib. Asykari, sebutan petugas yang berjaga, biasanya menutup pintu masjid karena sudah penuh. Tidak hanya di bagian dalam, kegiatan buka puasa juga dilakukan di halaman luar masjid.

Penasaran menu takjil apa saja yang disajikan untuk jemaah di Masjidil Haram? Mengutip laman Himpunan Penyelenggara Umrah & Haji (Himpuh), Kamis, 14 Maret 2024, menu buka puasa di Masjidil Haram biasanya dibagikan dalam bentuk tas plastik berisi makanan ringan, antara lain:

1. Sepotong roti

Roti ini bisa dimakan dengan dicelupkan ke dalam yogurt yang disediakan.

2. Yogurt

Ini merupakan komponen utama dalam paket berbuka puasa, sebab dengan yogurt, Anda dapat makan dan mencicipi beragam rasa. Kemasannya juga dapat berfungsi sebagai piring.

3. Mamoul

Mamoul atau biskuit manis berisi selai kurma merupakan penganan terbuat dari gandum utuh karena dijamin mengenyangkan.

4. Jus apel

Ukurannya memang mungil, namun sebotol kecil jus apel cukup agar memuaskan dahaga saat buka puasa karena punya cita rasa manis asam yang khas.

4 dari 4 halaman

5. Kurma

Ilustrasi kurma. (Image by azerbaijan_stockers on Freepik)

Buah ini mempermanis yoghurt dan menyeimbangkan rasa asam dari duqqah. Kurma biasanya dikemas dalam kantong kemasan vakum kecil seberat 50 gram dan sudah dikemas tanpa biji.

6. Duqqah

Makanan ini adalah cairan sedikit kental yang bisa ditambahkan ke yogurt untuk memberi rasa dan warna.

7. Air Mineral

Untuk melengkapi minuman manis dan asam, mereka juga memberi air mineral pada jemaah.

8. Tisu basah

Tisu basah disediakan untuk membantu membersihkan tangan setelah berbuka.

Masih mengenai menu buka puasa yang dibagikan secara gratis di masjid, tapi jauh beralih ke Jakarta, pengelola Masjid Istiqlal dilaporkan menyediakan ribuan boks takjil gratis selama Ramadhan, menurut kanal Islami Liputan6.com, 12 Maret 2024.

"Persiapan panitia tahun ini kita tingkatkan. Untuk buka puasa bersama, kalau tahun lalu setiap Senin sampai Kamis disiapkan tiga ribu boks, tahun ini kita naikkan jadi empat ribu boks," sebut Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Chawidu di Jakarta, Senin, 11 Maret 2024.

Lebih jauh dikatakan jumlah takjil gratis yang disediakan bertambah untuk setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu, yakni mencapai enam ribu boks per hari. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu, yaitu empat ribu boks takjil setiap akhir pekan.

infografis Makanan dan Minuman Manis yang Tepat untuk Berbuka Puasa . (Liputan6.com/Abdillah).

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya